Burhanuddin MAg Ketua Muhammadiyah Medan Defenitif

Musypimda ke-V Muhammadiyah Kota Medan dilakukan melalui aplikasi zoom meeting, dihadiri Walikota Medan Akhyar Nasution MSi. (foto/msj)

Asaberita.com – Medan – Peserta Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) ke-V Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Medan menetapkan Drs Burhanuddin MAg sebagai Ketua Muhammadiyah Kota Medan Defenitif menggantikan Dr Tagor Muda Lubis karena meninggal dunia.

Pengesahan Burhanuddin tersebut dilakukan pada acara Musypimda dihadiri 32 PC Muhammadiyah, Majelis/Lembaga PDM dan Ortom Muhammadiyah se-Kota Medan melalui aplikasi zoom meeting, Minggu (14/02`2021).

Sebelumnya, Burhanuddin menjabat sebagai penjabat (Pj) ketua menggantikan Tagor Muda Lubis dalam rapat pleno PDM Kota Medan beberapa waktu lalu. Berdasarkan AD/ART, penetapan ketua dilakukan melalui forum resmi yakni Musypimda. Musypimda digelar menetapkan penjabat ketua menjadi ketua defenitif. Burhanuddin akhirnya disahkan sebagai Ketua PDM Kota Medan berdasarkan AD/ART Muhammadiyah.

Pengesahan Burhanuddin sebagai Ketua PDM Medan langsung disaksikan peserta Musypimda, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Drs H Ibrahim Sakty Batubara MAP. Selanjutnya, penetapan Burhanuddin dikuatkan dalam Berita Acara Musypimda untuk menerima surat keputusan resmi dari PW Muhammadiyah Sumut dalam waktu tidak lama lagi.

Pimpinan Sidang Musypimda ke-V PDM, Muhammad Syafe’I menyampaikan penetapan Burhanuddn sebagai Ketua PDM yang baru, merupakan masa jabatan sisa dari ketua sebelumnya. Dan periodisasinya berlangsung setelah Musywil PWM Sumut.

nst
BACA JUGA :  KPU Medan Umumkan Anggota PPK Terpilih Pilkada 2020, Berikut Nama Namanya...

“Jabatan ketua ini merupakan periode sisa dari jabatan sebelumnya,” kata Syafe’i dalam sidang Musypimda yang dihadiri sekitar 90 peserta tersebut.

Burhanuddin dalam pidatonya usai penetapan dirinya sebagai ketua mengatakan, jabatan yang diembannya ini merupakan amanah. “Ini adalah amanah. Kita bermuhamamdiyah ada dua tujuan. Pertama, seperti yang dituangkan dalam AD/ART menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam. Amar ma’ruf nahi munkar. Kedua, tujuan akhir Muhammadiyah, yakni dapat mengantarkan kita ke pintu gerbang jannah tun naim,” katanya.

Dia mengajak seluruh kader Muhammadiyah di Kota Medan untuk bekerjasama dalam mengemban amanah di cabang masing-masing. Terutama dalam menjalankan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

“Saya berharap kita semua saling mendukung, semua harapan cabang, mungkin banyak tidak tersampaikan. Tapi, ini dapat tersampaikan. Mohon doa kepada kita semua, berjalan dengan baik. Saya berterimakasih cabang mengamanahkan kepada saya. Mari kita bekerjasama sama dengan baik,” katanya.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Drs H Ibrahim Sakty Batubara mengatakan, siapa tidak kenal dengan sosok figur Burhanuddin. Proses pemilihan di Muhammadiyah berjalan dengan baik sesuai AD/ART Muhammadiyah. Tidak semua orang dapat menjadi Ketua PDM, karena seluruhnya mengikuti proses dan aturan.

BACA JUGA :  TGB Dr Syekh Ahmad Sabban Rajagukguk Terpilih Sebagai Presiden Alumni UINSU

“Saya kira Pak Burhanudin ini tokoh panutan. Jujur saya katakana, saya sama-sama dosen UMSU, tapi saya duluan pension. Pak Burhan belum. Tapi, saya yakin beliau juga akan pensiun sebentar lagi,” katanya.

Ibrahim Sakty menyampaikan ucapan selamat kepada Burhanuddin sebagai Ketua PDM yang baru, untuk melanjutkan kepemimpinan Dr Tagor Muda Lubis.

“Insya Allah, kita Musda setelah Musywil ahir 2022. Modal kita itu solid. Kalau PDM Medan solid, insya Allah apapun kerja-kerja kita akan sukses. Ini adalah amanah dan tugas yang akan diprtanggungjawabkan di hadapan Allah,” katanya.

Sebelumnya, Musypimda ke-V PDM Medan tersebut dibuka, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumut Drs H Ibrahim Sakty Batubara MAP dan dihadiri Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi. ** msj

 

 

 

 3,696 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *