Gubernur Edy Bantu Gedung Suluk 500 Juta, Sebut TGB Sosok Ulama Yang Dihormati

gedung suluk
Gubsu silaturrahmi
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi disambut Tuan Guru Batak Syekh Dr Ahmad Sabban Rajagukguk saat berkunjung mengadiri acara Silaturahmi Tokoh dan Dialog Kebangsaan Refleksi Haul Tuan Guru Batak Ke 13 Syekh Abdurrahman Rajagukguk Qs, di pondok persulukan Serambi Babussalam Simalungun, Rabu (7/9)

Asaberita.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyatakan sosok Syekh Abdurrahman Rajagukguk atau yang dikenal sebagai Tuan Guru Batak (TGB), merupakan tokoh ulama besar dari Sumut yang mengedepankan nilai toleransi di tengah perbedaan.

“Beliau membuka persulukan di tengah-tengah masyarakat Nasrani. Bergejolak kah? Tidak, bahkan masyarakat sekitar sangat tenang dan senang, bahkan sering mengantar makanan ke sini. Itu yang patut kita teladani pada sosok beliau, 32 tahun beliau berdakwah, toleran menjadi satu nilai kebangsaan yang beliau tegakkan,” ujar Gubernur Edy, seperti dikutip dari facebook pribadinya, Kamis (8/9/2022).

Bacaan Lainnya

Gubernur Edy Rahmayadi, baru saja berkunjung mengadiri acara Silaturahmi Tokoh dan Dialog Kebangsaan Refleksi Haul Tuan Guru Batak Ke 13 Syekh Abdurrahman Rajagukguk Qs, di pondok persulukan Serambi Babussalam di Hatonduhan Nagori Jawa Tongah Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (7/9).

Gubsu

Pada Silaturahmi Tokoh dan Dialog Kebangsaan bertajuk “Peran ulama dan tokoh agama dalam membangun harmoni, keakraban sosial dan mencegah politik polarisasi” hadir para Ulama, Masyayikh dan tokoh-tokoh nasional serta tokoh asal Sumut.

Dari pantauan saat acara berlangsung, terlihat hadir Ketua Komisi II DPR RI Dr H Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung, Dandim 0207/ Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy Suherman Buanan.

BACA JUGA :  Kenang 18 Tahun Tsunami, Ketua IPHI Sumut Melepas Rombongan Haji dan Hajjah ke Aceh untuk Doa dan Zikir Bersama

Selain itu juga hadir Ketua KPU Sumut, Tokoh Sumut Drs H Rahudman Harahap, Ir H Rusdi Lubis, Sugiat Santoso MPd, H Goben Gusmiyadi, Muhammad Jusuf Sirait.

Juga hadir para tuan-tuan guru dari berbagai daerah, Ketua MUI Siantar Buya M Ali Lubis, tokoh pendidikan sekaligus putra kehormatan H Ahmad Ridwansyah, H Nasir Armaya, H Sulaiman, para OPD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Gubernur Edy menyampaikan rasa kagumnya kepada Tuan Guru Batak yang membuka persulukan di desa tersebut, dimana kawasan sekitar dihuni oleh masyarakat yang berbeda agama. Namun kehadiran beliau, justru mampu membangun hubungan yang harmonis dengan warga lain.

Gubsu

“Saya sendiri saat masih aktif di TNI, juga sudah datang dan bahkan menjadi salah satu murid di persulukan ini, sehingga banyak ilmu yang sudah saya dapatkan disini. Saat ini, penerus beliau, Tuan Guru Batak, Syekh Dr Ahmad Sabban el-Rahmany Rajagukguk MA, juga menjadi sosok yang juga sangat saya hormati,” ucap Gubernur Edy.

Tuan Guru Batak Syekh Dr Ahmad Sabban el-Rahmany Rajagukguk MA, ujar Edy, sangat istiqomah dalam menjaga nilai-nilai positif yang diajarkan di Persulukan ini. Karenanya ia sengaja datang ke sini untuk menghadiri silaturrahmi dan dialog kebangsaan refleksi haul ke 13 Syekh Abdurrahman Rajagukguk, sebagai tanda hormat beliau pada Syekh Ahmad Sabban Rajagukguk.

BACA JUGA :  Resmikan Masjid Ar-Rahman Pesantren Zawiyatul Huffazh, Gubernur Edy Minta Para Hafiz Dibekali Keterampilan Khusus

“Saya tak mau beliau yang mendatangi saya, sepatutnya sayalah yang mendatangi ulama. Doa saya kepada alm. Syekh Abdurrahman Rajagukguk, semoga Allah SWT melimpahkan Rahmat kepada beliau, serta menempatkan beliau disisiNya yang mulia serta husnul khatimah,” ujar Gubernur Edy.

gedung suluk

Sumbang Rp500 Juta

Sebagai bentuk dukungan terhadap peran pondok persulukan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi akan menyumbang dana sebesar Rp500 juta untuk penyelesaian pembangunan gedung suluk yang sedang dibangun.

Hal itu disampaikan gubernur saat menyampaikan sambutan dan kembali ia pertegas akan memberi sumbangan Rp500 juta saat meninjau pembangunan gedung suluk yang sedang berjalan.

Tuan Guru Batak Syekh Dr Ahmad Sabban juga membenarkan jika Gubernur Edy Rahmayadi telah menjanjikan akan membantu penyelesaian pembangunan gedung suluk yang sedang berjalan.

“Gubernur bersama saya tadi ditemani kadis terkait, berkenan sama-sama meninjau pembangunan gedung yang sedang berjalan, dan beliau menyampaikan dihadapan kita bersama akan membantu sebesar Rp500 juta dan segera mungkin akan dicairkan, agar bisa kita pergunakan. Itu tadi kata gubernur,” ungkap Tuan Guru Batak. (red/has)

Gubsu

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *