Gunung Api di Selandia Baru Erupsi, Satu Tewas

Gunung Api, Selandia Baru Erupsi

WELLINGTON – Sebuah gunung api di salah satu pulau di Selandia Baru yang kerap dikunjungi turis, mengalami erupsi. Sedikitnya satu orang tewas dan belasan orang lainnya mengalami luka-luka atau menghilang usai erupsi terjadi.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Senin (9/12/2019), gunung api yang ada di sebuah pulau kecil bernama White Island ini mengalami erupsi pada Senin (9/12) sore waktu setempat. Gunung api ini terpantau memuntahkan sejumlah besar abu dan kepulan uap panas ke udara.

Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern menyebut belasan turis sedang berada di dalam atau di dekat White Island saat erupsi terjadi. Disebutkan PM Ardern bahwa beberapa turis yang terjebak merupakan turis asing, namun dia tidak menyebut jumlah pasti maupun asal negaranya.

BACA JUGA :  14 Dosen FISIP UMSU Jadi Pembentang di UPSI Malaysia

“Kami mengetahui bahwa sejumlah turis ada di dalam dan sekitar pulau itu pada saat kejadian, baik warga Selandia Baru dan pengunjung dari luar negeri,” sebut PM Ardern dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan terpisah, Kepolisian Selandia Baru mengonfirmasi bahwa erupsi gunung api ini memakan korban jiwa. “Saya bisa mengonfirmasi bahwa ada satu korban tewas,” Deputi Komisioner Kepolisian Selandia Baru, John Tims.

nst

“Ada sejumlah orang yang masih terjebak di pulau itu yang saat ini jumlahnya tidak diketahui,” sebutnya Tims. “Pada saat ini, terlalu berbahaya bagi polisi dan petugas penyelamat untuk pergi ke pulau tersebut,” imbuhnya.** red/dc

 1,569 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.