Liga Champions Asia, Jatah Thailand Jadi 4 Klub dan Indonesia Buram

Selebrasi juara Chiangrai United seusai mengalahkan tuan rumah Suphanburi, mereka menjuarai Liga Thailand 1 2019 di Stadion Provinsi Suphanburi, 26 Oktober 2019. (Facebook.Com/Crutd)
  1. JAKARTA – Liga Champions Asia 2021 bakal makin ramai dengan klub dari Liga Thailand, sedangkan jatah untuk Indonesia belum diketahui.

AFC baru saja mengirim surat ke otoritas sepak bola Thailand, FAT soal tambahan jatah klub pada Liga Champions Asia 2021 dan untuk Indonesia belum ada kabar.

Ada empat klub Liga Thailand yang bakal tarung pada Liga Champions Asia 2021. Dari empat klub itu, dua tim masuk langsung fase grup dan dua lainnya berjuang mulai fase kualifikasi.

Namun, FAT belum menjelaskan kualifikasi level berapa bagi dua klub Thailand pada Liga Champions Asia 2021.

Yang pasti, seperti disadur dari BolaSport.com yang mengutip cuitan akun Twitter resmi Liga Thailand, @thaileague, AFC sudah memastikan soal jatah itu.

”BREAKING: AFC mengirim surat resmi ke FA Thailand untuk mengkonfirmasi bahwa Thailand akan mendapatkan kuota 2 + 2 di Liga Champions AFC 2021,” bunyi tweet akun itu.

nst
BACA JUGA :  Hasil APRC Danau Toba 2022: Rifat Sungkar Kampiun, Musa Rajekshah Peringkat Kedua

Pada Liga Champions Asia 2019, Thailand memiliki wakil 1+2, yaitu satu klub langsung ke fase grup dan dua bertarung pada kualifikasi putaran dua. Jatah Thailand pada musim 2020 juga sama dengan tahun sebelumnya.

Lalu Malaysia, mereka punya jatah 1+1 yaitu satu klub lolos langsung ke fase grup dan satunya berjuang dari kualifikasi putaran kedua. Jatah Malaysia untuk Liga Champions Asia 2020 juga sama dengan 2019.

Sedangkan pada 2019, Indonesia sama dengan Singapura hanya punya jatah satu klub dan berjuang dari kualifikasi putaran pertama. Jika gagal melaju akan turun main pada level Piala AFC.

Untuk 2020, status jatah Indonesia dan Singapura pada Liga Champions Asia sama dengan 2019. Namun yang membuat kaget pada 2021.

Jika wakil Thailand adalah 2+2, lalu Malaysia tetap dipastikan satu klub langsung fase grup, ini justru buram bagi Indonesia.

Sebab, Singapura naik level dan ada satu klub dipastikan naik langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2021. Artinya, jatah Singapura dan Malaysia sejauh ini sama.

BACA JUGA :  TNI: Kapal China Tinggalkan ZEE Usai Jokowi Kunjungi Natuna

Namun dilihat dari daftar yang diumumkan AFC untuk 2021, partisipan klub Indonesia belum jelas termasuk yang dari level kualifikasi.

Dalam daftar ini, fase kualifikasi klub dari ASEAN yang sudah jelas hanya dua dari Thailand (runner-up dan peringkat tiga), satu Myanmar (juara liga), dan dari Filipina (juara copa). (red/has)

 1,602 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.