Meryl Saragih Bersama HIPMI Berdayakan UMKM Untuk Go Digital

Meryl
Anggota DPRD Sumut Meryl Rauli Saragih
Meryl
Anggota DPRD Sumut Meryl Rauli Saragih

Asaberita.com, Medan – Anggota DPRD Sumut dari F PDI Perjuangan Meryl Saragih bekerjasama dengan HIPMI Sumut menggelar UMKM Go-Digital dan Go E-Katalog untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Selasa (30/08/2022) bertempat di Ruang Tulip Lantai III The Tiara Hotel, Jl. Madras Hulu, Medan Polonia.

Agenda ini dimaksudnya sebagai upaya sosialisasi sekaligus pendataan UMKM untuk terjun ke dunia digital.

Bacaan Lainnya

Upaya pemulihan dan peningkatan perekonomian Indonesia usai pandemi Covid 19 menjadi perhatian Meryl Rouli Saragih.

Selaku Ketua bidang 7 HIPMI Sumut bersama BPD HIPMI Sumut, mereka juga menggandeng Biro Perekonomian Pemprov Sumut, Shopee dan Grab dalam membantu UMKM untuk masuk E Katalog guna menyukseskan program pemerintah belanja produk buatan lokal.

Meryl Rouli Saragih menyampaikan bahwa UMKM adalah penopang ekonomi nasional. Di zaman digital hari ini sudah saatnya UMKM harus Go Digital.

“Zaman ini sudah zaman digital, dan sudah seharusnya UMKM kita juga harus menjangkau dunia digital supaya semakin berkembang. Jika UMKM kita maju maka ekonomi negara juga akan maju”, ucapnya.

BACA JUGA :  Anggaran Besar, Sumut Masih Peringkat 1 Penyalahgunaan Narkoba

Market Place adalah alternatif efektif perdagangan yang harus dibekali Skill digital. UMKM termasuk salah satu sektor penyumbang terbanyak devisa Negara. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yang dihadapi terkait pemasaran bisnis, inovasi produk, pemanfaatan teknologi, branding / identitas produk dan tidak memiliki izin usaha.

Sesuai dengan instruksi presiden dalam membantu pemulihan ekonomi dibutuhkan setidaknya 40% dari total konsumsi masyarakat Indonesia. Lewat kegiatan UMKM Go Digital Meryl meminta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk berdayakan Usaha Kecil Mikro Menengah dalam kegiatan Pemerintahan.

Disamping itu Meryl menambahkan bahwa pemerintah sudah sangat serius mengembangkan UMKM untuk memasuki dunia digital dengan menyediakan flatform e-commerse dan katalog.

“Setiap usaha UMKM akan diberikan stimulus seperti coaching, promosi, penyaluran pinjaman, serta penempatan dalam e-katalog pengadaan oleh Pemerintah Sumatera Utara”, ucap Meryl.

“Teruntuk Bapak/Ibu yang memiliki kelompok UMKM ingin ikut serta dapat mengisi Form secara langsung, tandanya.
Selain itu politisi muda ini juga meminta peningkatan pelayanan SOP pemerintahan.
“Saya meminta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk dapat memberikan SOP yang jelas kepada masyarakat sehingga masyarakat terhindar dari sistem yang membola masyarakat dan oknum” ujarnya

BACA JUGA :  Banyak Dikeluhkan Warga, HMI Desak Pemkab Langkat Perbaiki Jalan Rusak

Meryl berharap UMKM Go Digital dapat meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan UMKM sebagai usaha lokal yang unggul serta dapat bersaing dengan produk luar. Dengan adanya acara ini pemerintah dapat berbelanja UMKM yang di Coaching dan terdaftar di E Katalog hari ini. Kedepannya akan sering dilakukan kegiatan coaching wirausaha bersama biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sehingga wirausaha diharapkan dapat mampu mengembangkan usahanya dan mengaplikasikan market place sebagai solusi efektif.

“Saya meminta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk dapat berdayakan produk UMKM lokal Sumatera Utara dalam agenda kepemerintahan, tidak hanya didaftarkan E Katalog tapi pemerintah harus juga mewujudkan alokasi pemberdayaan produk local melalui E Katalog tersebut,” tegasnya. (red/has)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *