Pemdes Hutabangun Jae Madina Gelar Musyawarah Desa

Musdes
Kepala Desa Hutabangun Jae Subur Batubara ST, saat memberi sambutan pada musyawarah desa tahun 2023 di Balai Desa Hutabangun Jae Kecamatan Bukit Malintang, Jumat (6/1). 
Musdes
Kepala Desa Hutabangun Jae Subur Batubara ST, saat memberi sambutan pada musyawarah desa tahun 2023 di Balai Desa Hutabangun Jae Kecamatan Bukit Malintang, Jumat (6/1).

Asaberita.com, Madina – Pemerintah Desa (Pemdes) Hutabangun Jae Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal (Madina), menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023.

Musyawarah desa yang diadakan di Balai Desa Hutabangun Jae, Jumat (6/1/2023), dibuka oleh Kepala Desa Hutabangun Jae Subur Batubara ST, dan diikuti seluruh aparatur desa, kepala lingkungan, BPD Desa, Pendamping Lokal Desa (PLD), tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Terlihat juga hadir Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sukandar Usman Nasution SH mewakili Camat Bukit Malintang, serta Babinsa Koramil 12 Siabu Pajar Nasution.

Kepala Desa Hutabangun Jae Subur Batubara menyampaikan, dasar dilaksanakannya Musdes ini adalah Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK. 07/2022 tanggal 16 Desember 2022 tentang Pengelolaan Dana Desa.

BACA JUGA :  Pemerintah Siapkan 12 Juta Masker Bedah dan 81 Ribu Masker N95

“Kegiatan ini bertujuan untuk penyusunan program pembangunan Desa Hutabangun Jae tahun 2023, jadi silahkan beri usulan yang bermanfaat untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat di desa kita”, ucap Kepala Desa.

Sementara, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sukandar Usman Nasution meminta agar usulan masyarakat yang disampaikan pada Musdes ini, menitikberatkan pada usulan pembangunan desa yang prioritas serta menyangkut kepentingan umum, dan bukan untuk kepentingan pribadi, sebab dana yang akan digunakan adalah dana desa.

“Kalau usulannya belum masuk dalam prioritas desa karena keterbatasan anggaran, nanti akan kita bawa ke Musrenbang ditingkat kecamatan dan akan diteruskan ketingkat kabupaten”, sebut Sukandar.

Setelah menghimpun berbagai usulan dari peserta Musdes, usulan yang dapat tertampung dalam program pembangunan tahun 2023 Desa Hutabangun Jae yakni, lanjutan pembangunan jalan rabat beton Tano Ponggol, jalan rabat beton Torbanua Raja, rehab jalan keliling lingkar desa, pembangunan Jembatan Aek Sontang, penambahan pipa, mobiler MDTA, plank merek Asma’ul Husna dan pemeliharaan lampu jalan.

BACA JUGA :  Gatot dan Edy Minta Jangan Tinggalkan Masjid Karena Takut Corona

Sedangkan dibidang Pembinaan dan Pemberdayaan adalah pelatihan komputer, pelatihan bengkel sepeda motor, pelatihan sepak bola, pelatihan pembuatan sabun cair.

Selanjutnya pembinaan majelis taklim, penambahan ambal masjid, pengadaan Al-qur’an, pelatihan azan, imam, khatib dan bilal mayyit, serta pemberian makanan tambahan balita, ibu hamil, lansia, dan penyediaan tempat pemeriksaan ibu hamil. (dm)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *