Poling Pilgubsu 2024, Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar Unggul Sebagai Kandidat Wagubsu

Poling
PolingKita.com
Poling
PolingKita.com

Asaberita.com, Medan – Menjelang Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) November 2024 mendatang, perbincangan figur-figur untuk pemimpin Sumut, mulai ramai di tengah masyarakat. Bahkan, sebuah poling tentang figur calon wakil gubernur, kini sudah beredar luas melalui medsos.

Tidak diketahui pihak mana pembuat poling tersebut. Namun yang pasti, dibuat di PolingKita.com, sebuah website atau situs penyedia poling atau jajak pendapat.

Bacaan Lainnya

Poling tentang figur Wakil Gubernur Sumut itu sendiri, dibuat pada 25 Maret 2023 pukul 04.46 WIB dan update secara online. Poling tersebut menawarkan lima nama tokoh di Sumut sebagai figur calon Wakil Gubernur Sumut pada Pilgubsu 2024.

Kelima tokoh itu adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dedy Iskandar Batubara, mantan Bupati Serdang Bedagai Soekirman, mantan Walikota Medan Eldin, politisi Partai Hanura Rusdi Lubis dan Abyadi Siregar (Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut).

Sampai delapan hari atau tepatnya pada 2 April 2023 pukul 9.30 Wib, Poling Calon Wakil Gubernur Sumut itu dirilis, tercatat sudah 231 orang masyarakat responden yang memvote atau menentukan pilihannya. Hasilnya? Abyadi Siregar mengungguli nama empat tokoh lainnya.

BACA JUGA :  Kunjungi Batu Bara, Rapidin Simbolon Minta Kader Fokus Raih Hatrick Pemilu

Dari 231 responden, sebanyak 147 responden atau 63,6% memilih Abyadi Siregar untuk menjadi calon Wakil Gubernur Sumut. Selanjutnya di urutan kedua adalah Rusdi Lubis dengan 64 atau 27,7% voter, disusul Soekirman dengan 9 suara atau 3,9%, Dedy Iskandar Batubara 7 suara atau 3,0% dan di urutan terakhir memilih Dzulmi Eldin dengan 4 suara atau 1,7%.

Figur Calon Gubernur

Sementara itu, perbincangan tentang siapa figur yang diprediksi maju dalam Pilgubsu pada November 2024, juga sudah semakin ramai di tengah masyarakat.

Ramainya perbincangan di tengah masyarakat tersebut, terkait dengan bakal berakhirnya masa jabatan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada 5 September 2023.

Sampai saat ini, setidaknya ada tiga figur yang beredar di tengah masyarakat yang diprediksi bakal maju sebagai calon Gubernur Sumut pada Pilgubsu 2024 mendatang.

Ketiga figur itu adalah, incumben Edy Rahmayadi, Musa Rajek Shah (Wakil Gubernur Sumut) dan Bobby Afif Nasution (Walikota Medan).

Ada banyak analisis yang menjadi dasar sehingga ketiga tokoh itu diprediksi bakal maju sebagai calon gubernur pada Pilgubsu mendatang.

Edy Rahmayadi misalnya, sebagai incumben tentu diprediksi masih memiliki kekuatan untuk kembali maju untuk periode kedua. Struktur politik di daerah tentu diperkirakan masih dikuasai Edy.

Namun, di tengah masyarakat, gaya kepemimpinan Edy Rahmayadi selama ini dinilai kurang baik dalam mendukung langkahnya pada Pilgubsu mendatang. Sehingga, kalaupun Edy akan maju, diharapkan harus benar benar cermat dalam menentukan figur pasangan wakilnya.

BACA JUGA :  Meryl Ajak Milenial Sumut Menangkan Ganjar Pranowo

Musa Rajekshah juga diperhitungkan bakal maju dalam Pilgubsu 2024 ini. Salah satu alasan dalam analisis publik selama ini adalah, setelah mencermati tajamnya rivalitas antara Musa Rajekshah dengan Edy Rahmayadi selama ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan sehingga Musa Rajekshah diprediksi bakal maju.

Bobby Nasution juga diprediksi bakal maju dalam Pilgubsu mendatang. Menurut analisis yang berkembang di tengah masyarakat, posisi Bobby diuntungkan beberapa faktor. Yang paling utama adalah karena Bobby sebagai menantu presiden. Faktor ini dianggap sangat menentukan.

Selain Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah dan Bobby Nasution, sejauh ini belum ada figur lain yang muncul untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilgubsu mendatang. (red/bs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *