Prodi Ilmu Komunikasi UINSU Latih Mahasiswa Kewirausahaan

Agung Suhryanto (berkacamata tengah) dan Oki Prayogi (kiri), Ketua Prodi Ikom, Dr Muhammad Alfikri Matondang, MSi (No 5 kanan) foto bersama dengan para mahasiswa yang ikut pelatihan kewirausahaan, Sabtu, kemarin. (foto/msj)

Asaberita.com – Medan – Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi sejumlah mahasiswanya, Sabtu (1/5) malam di kampus Jalan William Iskandar Medan Estate.

Para mahasiswa dilatih dalam pengelolaan jurnal ilmiah dan strategi pemasaran terhadap produk yang bisa menjadi trend di kalangan konsumen millineal di era 4.0.

Tampil sebagai pelatih, Agung Suharyanto selaku pengelola Jurnal Ilmiah bereputasi dan Oki Prayogi sebagai owner cafe yang berkecimpung di dunia kuliner di Jawa dan kota Medan.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) UINSU, Dr Muhanmmad Alfikri Matondang MSi menyatakan pelatihan tersebut sebagai upaya menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa komunikasi, sehingga kelak setelah menyelesaikan studi mereka nantinya bisa mandiri.

BACA JUGA :  Pendaftaran Calon Mahasiswa S2 IAT FUSI UINSU Diperpanjang

“Apalagi mereka sebagai mahasiswa komunikasi harus punya kepintaran dalam penyamaian pesan-pesan bisnis yang bisa menarik perhatian kalangan konsumen terhadap produk yang dipasarkan,” kata Dr Alfikri yang ketika itu didampingi Sekretaris Prodi, Dr. Solihah Titin Sumanti MA.

Dijelaskannya, terkait pelatihan pengelolaan jurnal karena sekarang ini lagi trend di kalangan civitas akademika, setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studi akhirnya wajib memasukkan hasil penelitiannya ke jurnal ilmiah bereputasi.

Pengelolaan jurnal memang memiliki banyak tantangan baik penguasaan bahasa yang baik dan benar, keilmuan yang relevan, dan berbagai kriteria lainnya. Tapi jika dipelajari dengan baik dan benar, maka tidak ada yang menjadi sulit.

“Begitu juga dengan menghadirkan produk-produk baru memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, tetapi kesulitan modal bisa saja dapat diatasi dengan bekerjasama dengan pemilik modal,” kata Dr Alfikri.

BACA JUGA :  Anak Tukang Tambal Ban Raih Gelar Doktor Politik Islam

Dekan FIS UINSU diwakili Wakil Dekan III Tuan M Yoserizal Saragih MIkom mengapresiasi kegiatan yang digelar Prodi Ilmu Komunikasi UINSU. Menurut dia, kegiatan tersebut dapat bermanfaat, bahkan ia mengharapkan tindak lanjut kegiatan kewirausahaan itu dimanfaatkan para mahasiswa maupun alumni.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni. Saya mengpresiasi kegiatan ini dan dapat diikuti program  studi lainnya di lingkungan FIS UINSU,” katamya. ** msj

354 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *