Rahudman Harahap: Pembenahan Wilayah Medan Utara Harus Jadi Fokus Bersama

Diskusi dengan wartawan
Tokoh masyarakat Sumut H Rahudman Harahap menggelar Forum Group Discussion dengan para wartawan yang tergabung dalam Tim 11 Jurnalis Medan Utara di Warkop Bersama, Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (23/2).
Diskusi dengan wartawan
Tokoh masyarakat Sumut H Rahudman Harahap menggelar Forum Group Discussion dengan para wartawan yang tergabung dalam Tim 11 Jurnalis Medan Utara di Warkop Bersama, Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (23/2).

 

Asaberita.com, Medan – Pembenahan wilayah di kawasan Medan bagian Utara harus menjadi fokus perhatian bersama, tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemko Medan, tapi juga tanggungjawab semua stakeholder termasuk tokoh masyarakat demi terwujudnya pemerataan pembangunan di Kota Medan.

Bacaan Lainnya

Demikian dikatakan tokoh masyarakat Sumut H Rahudman Harahap saat berdiskusi di Forum Group Discussion dengan sejumlah wartawan yang tergabung dalam Tim 11 Jurnalis Medan Utara di Warkop Bersama Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (23/2).

Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Sumut ini juga mengatakan dalam pembenahan dan pembangunan kawasan Medan bagian Utara, masyarakat juga harus dilibatkan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.

“Partisipasi masyarakat merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan. Dan agar masyarakat dapat berpartisifasi aktif dalam pembangunan, mereka harus dijadikan subjek, bukan objek, sehingga pembangunan yang dilakukan dirasakan langsung manfaatnya dan trust atau kepercayaan publik kepada pemimpinnya pun akan tumbuh dan terbangun,” ucap Rahudman.

Sebab, ujarnya, untuk membangun kepercayaan publik bukanlah hal yang gampang, tidak seperti membalikan telapak tangan. Butuh perhatian, keseriusan, perjuangan dan juga pengorbanan.

“Agar kepercayaan publik terbangun, pemimpin harus turun ke masyarakat, selalu bersama masyarakatnya, mendengarkan keluhan mereka, aspirasi mereka dan mencarikan jalan untuk menyelesaikannya. Pemimpin harus melayani masyarakatnya dengan baik, memberi jalan untuk meningkatkan kesejahteraannya, melibatkannya dalam pembangunan serta lainnya. Itu yang harus dilakukan pemimpin, dan ia pasti akan mendapatkan dukungan penuh dari rakyatnya,” ujar Rahudman yang menjadi penggagas Bring Back Trust ini.

BACA JUGA :  Rahudman Harahap Minta Relawan Anies di Deliserdang Rebut Kepercayaan Masyarakat

Maka itu, imbuh Rahudman yang juga bakal maju sebagai caleg DPR RI dari dapil Sumut 1, apa yang ia lakukan selama ini dengan selalu dekat dengan masyarakat, terutama masyarakat di kawasan Medan Utara dengan selalu bersilaturahmi, berdialog dan mendengarkan aspirasi masyarakat dan berupaya memperjuangkan pemerataan pembangunan di Medan Utara, adalah dalam rangka untuk membangun trust publik.

Diskusi dengan wartawan

Di kesempatan diskusi ini Rahudman juga mengapresiasi Pemko Medan dibawah kepemimpinan Bobby Afif Nasution, dimana pembangunan yang dilakukan tak lagi hanya terpokus di inti kota, tapi sudah semakin memperhatikan pembangunan di kawasan Medan Utara yang terdiri dari 4 kecamatan yakni Kecamatan Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan yang selama ini terkesan terabaikan.

“Kita patut apresiasi Walikota Medan yang telah mengoperasionalkan Rumah Sakit Umum Type C Medan Labuhan dan telah memberi pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat pesisir Medan Utara. Juga pembangunan jembatan Titi Dua Sicanang yang telah selesai sehingga transportasi berjalan lancar,” ujar Mantan Walikota Medan priode 2010 – 2015 ini.

Memang sudah sepatutnya pembangunan itu dilakukan secara merata hingga ke pinggiran kota, termasuk kawasan Medan bagian Utara. Apalagi kawasan ini memiliki potensi yang besar dan memiliki peran penting terhadap kemajuan Kota Medan. Sebab dikawasan ini, terdapat pelabuhan serta kawasan industri utama di Kota Medan.

“Karena begitu strategisnya kawasan Medan bagian Utara ini untuk mendukung kemajuan Kota Medan, sehingga tidak bisa tidak pembangunan di kawasan ini harus diperhatikan dan mesti menjadi fokus utama, baik dalam penataan ruangnya, infrastrukturnya dan sumber daya manusianya demi keadilan masyarakat dan pemerataan pembangunan,” tegas Rahudman.

BACA JUGA :  PKB Kota Medan Konsolidasi Mesin Partai Menangkan Pasangan Bobby-Aulia

Rahudman berharap, forum diskusi yang dilaksanakan oleh Tim 11 Jurnalis Medan Utara harus tetap dilaksanakan karena dalam FGD ini banyak masalah yang harus dibahas bersama-sama. “Saya sudah berkali-kali hadir dalam FGD dan saya merasa sudah menjadi bagian dari Tim 11 Jurnalis Medan Utara,” tuturnya lagi.

Diakhir diskusi, Rahudman mengatakan untuk memajukan kawasan Medan bagian Utara ini, ia akan segera mengundang seluruh stakeholder dari unsur pemerintah, elemen masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dalam satu pertemuan untuk membahas pembangunan di Medan Utara.

Sapa Abang Becak Belawan

Sapa abg becak

Usai menggelar diskusi dengan wartawan, Rahudman Harahap bersilaturahmi dan menyapa para pengemudi atau abang becak di Kawasan Belawan Kota.

“Saya hanya kebetulan lewat, beberapa orang saya kenal. Saya selalu kalau ke Belawan ini bertemu para abang becak dan juru parkir. Itu selalu saya lakukan,” kata Rahudman kepada wartawan.

Tampak sekali, mantan Walikota Medan ini masih sangat dikenal dan dicintai warga Medan Utara. Rahudman pun tampak bercengkrama dan berbincang akrab dengan puluhan abang becak dan juru parkir. Mereka spontan menghampiri Rahudman yang sedang berdiri di tepi jalan bersama sejumlah pengemudi becak. (red/bs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *