Adakan Sosper, Ruben Tarigan Minta Masyarakat Jauhkan Anak-Anak dari Narkoba

Anggota Fraksi PDI-P DPRD Sumut Ruben Tarigan saat mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Kamis (27/5).
Anggota Fraksi PDI-P DPRD Sumut Ruben Tarigan saat mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Kamis (27/5).

 

Asaberita.com, Deli Serdang – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Sumatera Utara, Ruben Tarigan, meminta masyarakat untuk menjauhkan anak-anak dari penguruh buruk narkotika dan zat adiktif lainnya.

Hal itu disampaikan Ruben Tarigan saat mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotrapika dan Zat Adiktif lainnya, di Jalan Grilia Lingkungan II Kelurahan Pekan Tanjung Morawa pada Kamis (27/5/2021).

Dikatakan Ruben, ada 3 musuh bangsa yang sangat berbahaya dan harus diwaspadai saat ini, yaitu Radikalisme, Covid-19 dan Narkoba.

“Radikalisme itu menjadi musuh bangsa karena mereka yang menganut paham ini dengan mengatas namakan agama melakukan tindakan yang anti Pancasila dan NKRI, yang tentu mengancam keberlangsungan bangsa ini. Jadi yang mengatasnamakan agama apa saja yang tidak mengakui Pancasila dan NKRI baik itu Kristen, Hindu, Budha dan Islam harus diberangus,” tegas Ruben.

Yang kedua, kata Ruben, pandemi Covid-19 yang sudah sangat merajalela. Karena itu tidak ada tawar menawar lagi bagi semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar diri kita dan keluarga serta masyarakat tidak terkena virus yang mematikan ini.

BACA JUGA :  Akibat Covid-19, Banyak Ustadz dan Guru Ngaji Kehilangan Penghasilan

“Saat ini pemerintah terus berupaya menanggulangi pandemi, untuk itu dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk membantu pemerintah. Bantuan yang paling kecil adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas sehari-hari,” terang Ruben.

Dan yang ketiga lanjut Ruben, adalah Narkoba yang juga memiliki daya rusak yang tinggi, tidak peduli pada anak-anak, dewasa atau lansia, semua bisa menjadi korbannya. Sampai saat ini, negara juga masih belum mampu memberantas narkoba, untuk itu dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk bergotong-royong memberantas Narkoba.

“Bagi orang tua, harus mewaspadai betul peredaran Narkoba di kalangan anak-anak dan anak remaja, karena mereka sering kali menjadi korban,” ujar Ruben.

Dijelaskannya, ada tiga ciri anak dicurigai pecandu narkoba adalah pertama malas mandi dan tidak bisa bangun pagi, tampilannya gadel dan tidak perduli dengan yang lain. Kedua, si anak sudah sering mencuri uang dirumah, jadi kalau dirumah sering kehilangan uang maka patut dicurigai bahwa ada salah satu keluarga yang kecanduan narkoba

BACA JUGA :  Ombudsman Sumut Sidak Lapas Kelas IIB Siborongborong

“Ketiga, tetangga sudah sering kehilangan atau kecurian seperti sepeda, pot bunga, sendal, sepatu, kereta dan lain sebagainya. Bila ada satu lingkungan sering terjadi kehilangan, maka salah satu warga disekitar dicurigai ada yang kecanduan narkoba. Jadi sebagai anggota masyarakat kita harus peka terhadap hal ini,” terang Ruben lagi.

Karenanya Ruben mengingatkan para orang tua untuk memperhatikan tingkah laku anak-anaknya, bila memang terbukti sudah pemakai narkoba maka jangan malu untuk melaporkannya untuk segera di rehabilitasi untuk menyelamatkan si anak.

Dalam Sosper kali ini turut dihadiri Komandan Satgas Deli Serdang Hasan, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Tanjung Morawa Ruly Kinanda, sejumlah Pengurus PAC dan Pengurus Ranting PDIP se Kecamatan Tanjung Morawa. (has)

381 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *