Banjir Melanda Padanglawas, 6 Jembatan Rusak dan Hanyut

Jembatan Rusak
Banjir Melanda Padanglawas, 6 Jembatan Rusak dan Hanyut
Jembatan Rusak
Satu diantara sejumlah jembatan yang hancur diterjang banjir di Kabupaten Padanglawas.

Asaberita.com, Padanglawas — Bencana banjir melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Padanglawas. Sejumlah fasilitas umum rusak dan hanyut termasuk enam jembatan rusak, jembatan titi gantung  hancur diterjang banjir.

Bukan hanya itu, ratusan rumah dan puluhan hektar persawahan warga dari tiga desa di Kecamatan Sosa Julu, juga terendam akibat meluapnya Sungai Aek Sosa yang diakibatkan intensitas curah hujan tinggi.

Bacaan Lainnya

Tiga desa di Kecamatan Sosa Julu, yang terdampak banjir yakni Desa Pasir, Desa Lumban Huayan dan Pasir Jae.

“Luapan Aek Sosa ke pemukiman warga terjadi sekira pukul 04.00 WIB, merendam ratusan rumah serta 20 hektar sawah,” kata Mulyadi, Camat Sosa Julu, Sabtu (30/12).

Di tempat yang sama, seorang ibu rumah tangga Boru Hasibuan (40), warga Desa Lumban Huayan, mengatakan puncak luapan Aek Sosa hingga ke pemukiman mencapai dua meter.

BACA JUGA :  KPU Usulkan Anggaran Rp 36,9 M Untuk Pilkada Padanglawas

“Sekitar pukul 04.00 WIB, hampir dua meter genangan air. Saat itu kami sekeluarga sangat ketakutan, sampai tidak tidur. Padahal pondasi rumah kami termasuk tinggi tetapi air hampir masuk, sedangkan rumah lain yang pondasinya pendek tentu sudah terendam,” kata boru Hasibuan.

Ia mengakui banjir hampir terjadi setiap tahun, namun kali ini yang terparah dari yang sebelumnya.

Banjir juga terjadi di tempat lain, yakni di Kecamatan Huristak yakni di Desa Gunung Matinggi, Gunung Manaon dan Desa Tanjung Morang, serta menghanyutkan 3 fasilitas umum rambin (jembatan gantung) yang merupakan akses penghubung ke kebun masyarakat menjadi terputus.

Kemudian, di Kecamatan Barumun Baru, menghanyutkan rambin (jembatan gantung) di Desa Sabarimba, yang merupakan akses penghubung ke Desa Limbong menjadi terputus.

Selanjutnya, di Kecamatan Barumun Selatan dan menghanyutkan Jembatan sungai Siabu Bandar Godang di Desa Batang Bulu Baru, yang merupakan jembatan penghubung ke sembilan desa lain di Kecamatan Barumun Selatan.

BACA JUGA :  HM IKLAB RAYA Dilantik, Irham Sadani Siap Bersinergi dengan Pemkab Se Labuhanbatu Raya.

Akibat banjir dikabarkan satu warga di Desa Padang Garugur Julu, Kecamatan Aek Nabara Barumun hanyut dan dinyatakan meninggal.

Di hari yang sama Kepala BPBD Padanglawas Amit Hadi saat dikonfirmasi belum dapat memberikan keterangan pasti.

“Lagi di lapangan, sedang mengiventarisir semua kerugian semua kejadian bencana di Palas, karena banyak,” tulis Amit. (gar)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *