Hasto: Untuk Menangi Pilkada dan Pemilu, Kader Partai Harus Bangun Kesolidan

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyampaikan pidato pada pembukaan Rapat Kerja Daerah I (Rakerda) PDI Perjuangan Sumut di Ballroom Kartini Hotel Le Polonia Medan, Sabtu (08/02/2020).

Asaberita.com-Medan — Agar bisa memenangi Pilkada serentak 2020 dan tampil kembali sebagai Partai pemenang Pemilu pada 2024 mendatang, seluruh struktur PDI Perjuangan di semua tingkatan harus membangun kesolidan serta merekrut kader-kader potensil yang memiliki beragam keahlian untuk mengembangkan dan memajukan partai.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto dalam pidatonya pada pembukaan Rapat Kerja Daerah I (Rakerda) PDI Perjuangan Sumut di Ballroom Kartini Hotel Le Polonia Medan, Sabtu (08/02/2020).

“Struktur partai di semua tingkatan harus bisa memahami potensi tiap-tiap daerah dan kemudian mengembangkannya. Bila ada di satu daerah kita lemah, lakukan perekrutan tokoh-tokoh yang potensial di sana. Rekrut mereka untuk masuk ke struktur partai. Kita juga harus menyiapkan kader-kader sejak dini dengan terus melakukan pembinaan,” ujar Hasto.

Disebutkannya, PDI Perjuangan sudah 2 kali tampil sebagai pemenang pemilu dan menjadi kekuatan politik utama untuk mendukung pemerintahan Joko Widodo. Agar bisa hatrick dan tampil kembali sebagai partai pemenang pada 2024, seluruh kader harus terus membangun kesolidan.

“Secara nasional, PDIP telah menempatkan 7 kadernya sebagai gubernur, 115 kepala daerah tingkat 2 dan sekitar 1/3 kekuatan di DPR dan DPRD dikuasai oleh PDIP. Ini potensi yang besar. Dan bila kita terus solid maka Pemilu 2024 PDIP masih tetap bisa tampil sebagai pemenang,” tegasnya.

BACA JUGA :  Syarifah Khairiah Alatas Dorong Perempuan Kota Medan Mandiri Tentukan Pilihan Politiknya

Selain untuk persiapan 2024, Hasto juga mengingatkan untuk membangun kesolidan menuju persiapan Pilkada serentak 2020 yang sudah di depan mata.

“Secara nasional PDI Perjuangan memasang target 60% kemenangan di semua Pilkada. Dan untuk Sumut, DPD juga menargetkan hal yang sama. Kemenangan di Pilkada ini sangat penting, karena ini bisa menjadi kunci kemenangan pada Pemilu dan Pilpres 2024,” jelasnya.

Hasto pun mewanti-wanti struktur partai dalam melaksanakan rekrutmen harus benar-benar dilihat kebutuhan, bukan dilihat dari sekedar suka atau tidak suka. “Jangan adalagi kader yang mencari makan di partai, kader harus menghidupi Partai,” tegas Hasto.

Selain itu, Hasto juga menyampaikan Partai harus terdepan dalam memimpin untuk kemakmuran rakyat. Karenanya, kader partai juga harus mampu menjadi pelopor dalam pengembangan potensi daerah untuk kesejahteraan rakyat.

BACA JUGA :  Mangapul Purba : Ada Kesan DPRD Hanya Dijadikan Lembaga Stempel Belaka

Hasto memberi contoh seperti mengembangkan potensi durian di Sumatera Utara sebagai pengganti untuk durian-durian import dari Thailand dan Malaysia. Begitu juga tanaman obat Indonesia sangat kaya. Sayangnya semua potensi itu belum maksimal dimanfaatkan.

“Ketua Umum Megawati Sukarnoputri bermimpi setiap kader memiliki apotik hidup,” jelasnya.

Karena itu juga, ujar Harto, dalam rangka memperingati HUT PDIP dan ulang tahun Ibu Megawati yang ke 74, PDIP mengkampanyekan gerakan menanam pohon untuk penghijauan, serta memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam apotik hidup.

Dari pantauan dilapangan, tampak hadir anggota DPR RI, Sofyan Tan, Sihar Sitorus, Bob Andika, Irmadi Lubis, R Junimart Girsang, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua DPRD Medan yang juga Ketua DPC PDI Perjaungan Kota Medan Hasyim SE, Seluruh Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Pengurus DPD, DPC dan Organisasi Sayap. (has)

708 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *