HM Jafar Sukhairi Pimpin Upacara Harlah Pancasila ke-78 di Madina

Harlah Pancasila Madina
Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution membacakan pidato pada upacara peringatan hari lahir pancasila ke-78 tahun di pelataran Masjid Agung Nur Ala Nur, Kamis (1/6).
Harlah Pancasila Madina
Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution membacakan pidato pada upacara peringatan hari lahir pancasila ke-78 tahun di pelataran Masjid Agung Nur Ala Nur, Kamis (1/6).

Asaberita.com, Madina – Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution pimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila ke-78 tahun 2023 di Kabupaten Madina.

Upacara Harlah Pancasila dilaksanankan di pelataran Masjid Agung Nur Ala Nur, Kecamatan Panyabungan yang dihadiri unsur Forkopimda, para staf ahli, Kepala OPD serta ASN di lingkungan Pemkab Madina, Kamis (1/6/2023).

Bacaan Lainnya

HM Jafar Sukhairi Nasution dalam pidatonya menyampaikan, bahwa pada hari ini, Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia genap 78 tahun sejak dilahirkan pada 1 Juni 1945.

Setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari filosofi atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia.

BACA JUGA :  Pemkab Madina Gelar Tabligh Akbar Bersama Syekh Dr Adnan Muhammad Altof

“Selama bertahun-tahun dan berabad-abad berjalannya perjuangan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila yang kemudian dijadikan sebagai salah satu ujian dan dinamika dalam era sejarah sistem politik nasional di berbagai lintas era pemerintahan,” kata Bupati Madina.

Pada tahun 1998 memasuki era reformasi dengan rasa penuh sukacita, namun di sisi lain ada orang-orang yang berjuang dengan seluruh tenaga daya dan upaya hingga fajar menjemput dalam rangka ikut dalam gelombang demokrasi untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

“Hal yang paling mendasar yang terjadi di tahun itu adalah terjadinya ketimpangan dan penyelewengan nilai-nilai dari Pancasila pada akhirnya menyebabkan kesenjangan perpecahan-perpecahan hingga kekacauan yang kemudian berakhir dengan begitu banyaknya huru-hara di mana-mana,” kata bupati.

Lebih lanjut dikatakan bupati, pada peringatan hari lahir Pancasila ini ia mengajak seluruh masyarakat secara bersama-sama membangun jiwa semangat 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, undang-undang dasar 1945 NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara, agar cita-cita pembangunan yang diharapkan dapat berdaya guna dan berhasil untuk kesejahteraan masyarakat Madina khususnya Indonesia secara keseluruhan.

BACA JUGA :  MK Putuskan PSU 16 TPS,  DKPP Harus Periksa Komisioner KPUD Labusel

“Melalui kesempatan ini kami atas nama Pemda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak secara damai, aman dan lancar serta terhindar dari gangguan-gangguan keamanan,” kata bupati. (dm)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *