MDI Sumut Dorong Wisata Halal di Kawasan Danau Toba Segera Terealisasi

Wisata Halal Danau Toba
MDI Sumut menggelar rapat pleno pengurus di Aula Avron Geust House PPKS, Selasa sore (4/8/2020). MDI Sumut mendorong wisata halal di kawasan Danau Toba segera terealisasi. Selain itu MDI Sumut juga mendukung H Musa Rajekshah sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumut.

Asaberita.com – Medan – Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Sumut dorong wisata halal di kawasan Danau Toba segera terealisasi. Wisata halal itu diperlukan, untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi umat muslim yang berkunjung ke Danau Toba sebagai destinasi wisata utama di Indonesia.

“MDI Sumut mendukung program Pemprov Sumut dalam menciptakan Sumut bermartabat. MDI Sumut mendorong wisata halal di kawasan Danau Toba segera terealisasi yang telah dicanangkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi”.

Demikian disampaikan Ketua Umum MDI Sumut Muhammad Ikbal Parinduri, SH.I MKom.I, dalam pertemuan dengan seluruh jajaran Pengurus MDI Sumut di Aula Avros Guest House PPKS, Jalan Brigjend Katamso Medan, Selasa (4/8/2020).

Hadir dalam pertemuan itu Dewan Penasehat MDI Sumut H Iskandar Sinaga yang juga anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar dan DR Muhammad Edwin Saputra Lubis.

Kemudian, juga hadir Idat Darussalam MA (sekretaris umum), DR Ahmad Fauzi SH MH (ketua harian), DR Redyanto Sidi SH MH (wakil ketua), Himawan (bendahara), Angkatan Muda MDI, Muslimah MDI, serta para pengurus lainnya.

Lebih lanjut Ikbal Parinduri menyatakan, gagasan untuk membuka wisata halal atau wisata syariah di kawasan Danau Toba, bukanlah sebuah program Islamisasi yang terselubung untuk meng-Islam-kan masyarakat di kawasan Danau Toba, seperti adanya kekhawatiran sejumlah pihak.

Wisata Halal Danau Toba

“Wisata halal itu semata-mata hanyalah sebagai pelengkap sarana dan prasarana di Danau Toba sebagai objek wisata utama di Indonesia. Banyak umat muslim baik lokal maupun nasional berkunjung ke sana setiap harinya”.

BACA JUGA :  Delpin Barus Minta Gubsu Perhatikan Kondisi Jalan Longsor di Simalungun

“Apalagi setelah UNESCO menetapkan Kaldera Danau Toba sebagai UNESCO Global Geopark, maka akan banyak wisatawan mancanegara, tak terkecuali wisatawan dari negara-negara yang banyak penduduknya muslim akan berkunjung ke Danau Toba,” papar Ikbal.

Karenanya, wisata halal atau wisata syariah itu perlu dibangun di kawasan Danau Toba semata-mata untuk tujuan memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan muslim baik lokal maupun mancanegara.

“Dengan adanya wisata halal itu, wisatawan muslim akan mudah dan tidak ada keraguan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman. Nyaman dalam beribadah dan juga beristirahat serta mendapatkan pelayanan yang ramah dan bersahabat. Sehingga keberadaan wisata halal itu akan dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Danau Toba,” jelas Ikbal.

Disebutkannya, Wakil Gubernur H Musa Rajekshah belum lama telah berkunjung ke Tigaras. Di daerah inilah direncanakan wisata halal itu akan dibangun, yang dilengkapi dengan adanya penginapan syariah dan tempat ibadah.

Dewan Penasehat MDI Sumut H Iskandar Sinaga, yang juga anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar juga menyatakan sangat mendukung dibangunnya wisata halal di kawasan Danau Toba, yang diyakini akan menjadi daya tarik lainnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba.

Dinyatakan Iskandar, pemerintah pusat telah menetapkan Danau Toba sebagai objek wisata super prioritas, yang tidak hanya menjadi objek wisata utama Indonesia, tetapi juga dunia.

Anggaran yang disiapkan untuk penataan kawasan Danau Toba juga sangat besar, mencapai lebih dari Rp 4 triliun. Belum lagi jika ditambah dengan pembangunan sarana menuju Danau Toba, seperti pembangunan jalan tol.

BACA JUGA :  Tuan Guru Batak Kembali Berbagi Sembako Ringankan Beban Kaum Lemah

“Sebagai objek wisata super prioritas dan menjadi tujuan wisata dunia, fasilitas seperti wisata halal itu memang sangat diperlukan sehingga wisatawan muslim akan merasa aman, nyaman serta merasa betah berlama-lama berkunjung ke Danau Toba,” ujar anggota dewan dari daerah pemilihan Siantar-Simalungun ini.

Karena itu, Iskandar menyatakan MDI Sumut harus berperan aktif dalam mendukung program yang telah dicanangkan oleh Pemprov Sumut serta dapat memberikan pencerahan tentang tujuan dibangunnya wisata halal itu, sehingga tidak ada lagi kesalahpahaman di masyarakat.

Wisata Halal Danau Toba

Dalam pertemuan itu, juga dibahas berbagai agenda MDI Sumut, termasuk program kerja, sikap MDI dalam menghadapi suksesi Pilkada Serentak dan suksesi Ketua DPD Partai Golkar Sumut.

Untuk suksesi Pilkada, MDI Sumut mengambil sikap untuk mendukung calon-calon yang dianggap mumpuni dan mendukung program-program dakwah Islamiah.

Sedangkan untuk suksesi Ketua DPD Partai Golkar Sumut, MDI Sumut bersepakat untuk mendukung dan memenangkan H Musa Rajekshah yang merupakan Wagub Sumut dan Wakil Ketua Dewan Penasehat MDI Sumut sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumut pada Musda mendatang. (asa/has)

1,530 total views, 6 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *