UINSU Gelar Wisuda Ke-79, 3.066 Wisudawan Dilantik

Wisuda UINSU
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), menggelar Wisuda ke-79 di Gedung Serbaguna, Jalan Williem Iskandar, Selasa (20/12).
Wisuda UINSU
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), menggelar Wisuda ke-79 di Gedung Serbaguna, Jalan Williem Iskandar, Selasa (20/12).

Asaberita.com, Deliserdang – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar acara wisuda ke-79. Sebanyak 3.066 wisudawan baru program doktor, magister dan strata 1 dilantik. Ini merupakan jumlah wisudawan terbanyak sepanjang sejarah UINSU.

Acara wisuda digelar di Gedung Serbaguna Astaka, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, pada Selasa (20/12), dihadiri Wakil Gubernur Sumut H Musa Rejekshah, serta anggota Senat UINSU.

Bacaan Lainnya

Pelaksana tugas (Plt) Rektor UINSU Abu Rokhmad menyampaikan, wisuda ke-79 ini menjadi wisuda terbanyak dengan total wisudawan 3.066 mahasiswa program doktor, magister dan sarjana (strata 1).

“Hari ini kita melaksanakan wisuda yang terbesar dalam sejarah UIN Sumatera Utara, ada 3.066 wisudawan dari delapan fakultas dan satu pascasarjana. Ucapkan terima kasih kepada orang tua kalian yang sudah susah payah dengan keringat atau mungkin dengan air mata dalam menyekolahkan kalian. Penting untuk mengingat jasa baik orang-orang baik dalam mengantarkan kalian sukses,” ujar Abu Rokhmad dalam pidatonya dihadapan ribuan wisudawan.

Ia juga mengingatkan para wisudawan agar terus giat belajar. “Meski kalian hari ini di wisuda, bukan berarti tugas belajar kalian selesai, kalian harus terus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wisuda Perdana STIT AILU Dihadiri Bupati Labura

“Jika sebelumnya kalian belajar di universitas, maka selanjutnya belajarlah dengan alam semesta, dengan orang-orang sekitar atau guru yang bermacam-macam. Memasuki dunia kerja, kerjalah dengan sungguh-sungguh sesuai keahlian bidang kalian masing-masing. Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mendapatkan,” tegasnya.

Ciptakan Lapangan Kerja

 

Wisuda UINSU

Sementara, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dalam sambutannya meminta para wisudawan untuk memanfaatkan pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama kuliah di UINSU.

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah berharap pada 3.066 wisudawan agar tidak hanya fokus mencari kerja, tapi sebaliknya harus bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Kepada anak-anak kami semua, kami sangat berharap setelah diwisuda mulailah rencanakan apa yang ingin dicapai, tidaklah semata-mata hanya mencari lapangan pekerjaan, bertekadlah bisa menciptakan lapangan pekerjaan agar kiranya juga kita bisa membantu saudara-saudara kita yang lain,” ujar Ijeck.

Lanjutnya, para wisudawan harus bisa menjadi pemimpin di berbagai bidang, khususnya bidang usaha. Menjadi entrepreneur yang inovatif dengan ide dan konsepnya sendiri.

“Kiranya kita juga bisa menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai bidang khususnya bidang usaha, menjadi pemimpin atau majikan di rumah kita sendiri dan menjadi pemimpin di masyarakat. Harapan kami, kalian sebagai putra bangsa bisa memberikan sumbangsih buat bangsa dan negara,” katanya.

BACA JUGA :  Mahasiswa Tutup Kampus UINSU, Protes Praktik Kapitalis Berkedok Agamis

Ijeck melanjutkan, mewakili Pemprov Sumut, ia mengucapkan terima kasih kepada UINSU yang telah mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang berkemampuan secara ilmu dan agama.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada UINSU yang telah mencetak generasi muda dengan ilmu pengetahuan dan agama, semoga ilmu yang didapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariah buat kita semua,” katanya.

Ijeck mengingatkan kepada para wisudawan untuk terus meminta doa restu dari orang tua dalam menjalani kehidupan ke depannya. Juga mengajak seluruh wisudawan untuk membuat orangtuanya selalu bangga karena pengabdian kepada orang tua sampai akhir hayat.

“Tanpa perjuangan orang tua mungkin kalian tidak bisa masuk perguruan tinggi, tak jarang ada orang tua sampai jual harta atau sekuat tenaga bekerja agar bisa menyekolahkan anaknya,” tutup Ijeck. (dk/has)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *