Endurance yang Baik Cegah Covid-19

Fildzah Gassani Nasution. (foto/msj)

Oleh :  Fildzah Gassani Nasution

 

Corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Beberapa jenis corona virus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Corona virus adalah suatau kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Corona juga disebut virus jenis baru yang ditemukan menyebabkan Covid-19.

Tahukah kamu bahwa Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya tidak dikenal sebelumnya. Mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Covid-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia.

Kita perlu mengetahui bahwa gejala-gejala Covid-19 yang paling umum yaitu demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yang jarang dan mungkin dialami beberapa pasien meliputi rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki.

Gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Beberapa orang menjadi terinfeksi tetapi hanya memiliki gejala ringan. Sebagian besar (sekitar 80%) orang terinfeksi berhasil pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi Covid-19 menderita sakit parah dan kesulitan bernapas. Orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan paru-paru, diabetes, atau kanker memiliki kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius.

Siapapun dapat terinveksi Covid-19 dan mengalami sakit yang serius. Orang dari segala usia yang mengalami demam atau batuk disertai dengan kesulitan bernapas, nyeri pada dada, atau kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak harus segera mencari pertolongan medis. Jika memungkinkan, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan atau fasilitas kesehatan terlebih dahulu, sehingga pasien dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat.

Mengapa virus corona sangat menyeramkan? Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia corona virus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan ribu korban jiwa. Selain itu, hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. aalah satunya adalah dengan menerapkan social distancing.

Lantas bagaimana agar kita tidak terkena virus corona? Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dalam penularan virus corona. Dikutip dari alodokter.com Inilah Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah infeksi virus Coron:

BACA JUGA :  Komunikasi Digital Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Pertama, mencuci tangan dengan benar. Mencuci tangan dengan benar merupakan cara paling sederhana namun ampuh untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Cucilah tangan kalian sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir paling sedikit 20 detik. Cucilah tangan kalian secara teratur. Kalian harus memastikan semua bagian tangan tercuci hingga bersih. Jika sulit menemukan air dan sabun maka kamu dapat membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Sebaiknya kamu menggunakan produk hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% agar lebih efektif untuk membasmi kuman.

Kedua, menggunakan masker. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker tetap dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Ketiga, menerapkan physical distancing dan isolasi mandiri. Langkah penting selanjutnya untuk memutus rantai penyebaran virus Corona dengan pembatasan fisik. Langkah ini dilakukan dengan cara tetap dirumah jika tidak dalam keadaan mendesak, menjaga jarak minimal 1 meter dan selalu menggunakan masker saat kalian beraktivitas di tempat umum. Jika kalian memiliki salah satu gejala Covid-19 atau memiliki riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir dianjurkan bagi kalian agar melakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri juga dianjurkan agar dilakukan oleh orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus Corona.

Keempat, membersihkan rumah dan melakukan disinfektan secara rutin.Tahukah kalian jika virus Corona dapat hidup berjam-jam bahkan berhari-hari dipermukaan suatu benda. Oleh sebab itu kalian harus rutin membersihkan rumah serta melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh pada perabotan rumah. Hal ini sangat penting dilakukan selama pandemic covid -19.

Kelima, yang perlu kamu lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh atau endurance. Endurance adalah kemampuan tubuh manusia untuk melakukan kegiatan tertentu tanpa merasakan lelah yang berlebih (memiliki tenaga) untuk melakukan pekerjaan lain. Endurance setiap manusia memang berbeda-beda. Namun, endurance manusia dapat dilatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Daya tahan tubuh atau endurance juga dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Bila perlu, kamu bisa menambah suplemen sesuai anjuran dokter. Selain itu kamu juga harus rutin berolah raga, tidur yang cukup tidak mengkonsumsi alkohol dan tidak merokok.

BACA JUGA :  Menjemput Takdir Kemenangan Fastabiqul Khairat

Dari Abu Hurairah RA ia bekata, Rasulullah SAW bersabda: “orang-orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang Mukmin yang lemah.” (HR. Muslim, 4/2052).

Hadist diatas memberi petunjuk untuk orang mukmin agar menjadi orang yang kuat. Kuat dalam urusan agama dalam melakukan perintah agama yang fardhu dan yang sunah. Serta kuat dalam dunia termasuk kekuatan fisik dan mental untuk menghadapi virus Corona.

Allah SWT berfirman dalam QS al-Baqarah/168. “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi tayib (baik) dari apa yang terdapat di bumi,dan janganlah kamu mengikuti langkah-lanngkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itiu adalah musuh yang nyata bagimu”

Allah sudah mengatakan dalam Al-qur’an untuk memakan makanan yang baik. Kekuatan fisik manusia berawal dari pola hidup dan pola makan yang sehat. Fisik dan psikis manusia juga harus diperhatikan. Terkadang kesibukan dapat mengabaikan kedua hal tersebut sehingga membuat kelelahan fisik maupun psikis. Saat kondisi ini terjadi rentan masuknya berbagai penyakit.

Marilah kita mengurangi penyebaran virus Corona ini melalui diri kita sendiri. Ketika kita menjaga daya tahan tubuh kita maka virus tidak mudah menyerang tubuh manusia. Hal ini berdampak pada siklus penyebaran virus. Semakin dini manusia sadar akan kesehatan dirinya dengan menjaga daya tahan tubuhnya maka, secara tidak langsung dia sudah berkontribusi untuk menurunkan angka dari pen

ularan virus corona dimulai dari dirinya sendiri. Perubahan yang kecil sangat berdampak besar bagi kelangsungan hidup manusia. Ayo hidup sehat dari diri sendiri untuk melawan virus corona. ** msj

 

** Penulis adalah mahasisws Program Studi Ilmu Komunikasi FIS UINSU dan peserta KKN- DR-2020 Klompok 119 **

3,528 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *