KPK Luncurkan Anti-Corruption Film Festival 2021 Berhadiah Total 250 Juta

Festival Film Anti Korupsi
Anti-Corruption Film Festival – ACFFest 2021
Festival Film Anti Korupsi
Anti-Corruption Film Festival – ACFFest 2021

Asaberita.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyelenggarakan Anti-Corruption Film Festival – ACFFest 2021 dengan hadiah total 250 juta.

Acara ini diadakan sebagai upaya untuk menggalang partisipasi nyata dari masyarakat, khususnya generasi muda dalam upaya pencegahan korupsi melalui gerakan kampanye film.

Bacaan Lainnya

“Media film dipilih karena film lebih efektif untuk menyebarkan pesan-pesan antikorupsi pada masyarakat. Ini sesuai dengan budaya masyarakat kita yang senang bercerita dan melihat visual,” ujar Wawan Wardiana Plt Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK saat membuka peluncuran program ACFFest 2021 ke -7 secara daring pada Rabu kemarin (01/09).

Wawan menuturkan, pada perhelatan ACFFest kali ini, KPK mengusung tema ‘Bangkit Beraksi Berkreasi’. Melalui tema tersebut, KPK berharap kehadiran festival film ini dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk para anak muda untuk bangkit dan terus mendukung anti korupsi melalui karya dan kreativitas di tengah situasi pandemi.

BACA JUGA :  Dihadapan Megawati, Tuan Guru Batak Sampaikan Dakwah Kebangsaan

Dalam peluncuran ACFFest 2021 juga dilaksanakan diskusi bertema ‘kreativitas konten digital untuk gerakan anti korupsi’ bersama Sutradara Film Sammaria Simanjuntak dan Head of Signature Content Narasi Amanda Valani yang dapat diakses di Kanal Youtube KPK.

Keterbatasan kondisi akibat covid dilihat Sammaria sebagai sebuah berkah karena membuat orang bisa lebih fokus. “Kita dapat lebih fokus untuk benar-benar mencari ide cerita yang esensial yang bisa kita share ke orang. Idenya bisa dimulai dari sekitar kita. Apa yang paling kita kenal, ide cerita apa yang cuma kita bisa sampaikan dan orang lain tidak bisa. Biasanya itu ide cerita yang sangat personal dan sangat dekat dengan kehidupan kita,” paparnya dalam diskusi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada ACFFest tahun ini KPK menambah satu program kompetisi yaitu kompetisi Tiktok Antikorupsi berdurasi maksimal 3 menit. Kompetisi ini terbuka untuk umum dan pendaftaran telah dibuka sejak 1 September hingga 31 Oktober 2021.

“Selain Tiktok Antikorupsi, ada tiga kategori kompetisi lain yang dapat diikuti, diantaranya Kompetisi film pendek fiksi/komedi (durasi maksimal 15 menit), Kompetisi film pendek documenter (durasi maksimal 15 menit) dan Kompetisi film pendek animasi (durasi maksimal 5 menit). Untuk kompetisi ini KPK mempersiapkan hadiah total sebesar 250 juta rupiah,” terang Wawan.

BACA JUGA :  Rakor dengan KPK, Abyadi Ungkap Banyak Korupsi dan Pungli di Sumut

Selain itu KPK juga masih membuka kesempatan dan mengajak para pembuat film untuk mengirimkan proposal ide film yang mengangkat tema nilai antikorupsi berdurasi 10 hingga 15 menit. 10 Proposal terpilih akan mendapat bantuan dana produksi dan berhak mengikuti Movie Camp Online dan mendapat pendampingan teknis dari mentor filmmaker. Kompetisi proposal ide cerita ACFFest 2021 dibuka sejak 1 hingga 30 September 2021. (red)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *