Gelar FGD dan Bedah Buku, PW Persis Sumut Telisik Sejarah Islam di Nusantara

Bedah buku
Gelar FGD dan Bedah Buku, PW Persis Sumut Telisik Sejarah Islam di Nusantara
Bedah buku
Gelar FGD dan Bedah Buku, PW Persis Sumut Telisik Sejarah Islam di Nusantara

Asaberita.com, Medan – Pengurus Wilayah Persatuan Islam (PW Persis) Sumatera Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Bedah Buku ”Jejak Dakwah di Nusantara” karya DR Tiar Anwar Bachtiar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (8/8).

Ketua Pimpinan Wilayah Persis Sumut, KH. Muhammad Nuh MSP selaku keynote speaker pada bedah buku ini, menyampaikan pandangannya bahwa kolaborasi semangat Keislaman dan semangat ke Nusantaraan berjalan selaras, dan di dalam buku ini hal itu dijelaskan dengan sangat gamblang dan baik.

Bacaan Lainnya

Anggota DPD RI asal Sumatera Utara ini juga mengapresiasi buku karya DR Tiar Anwar Bachtiar yang ke-18 tersebut. “Semoga buku ini bisa menjadi referensi bagi umat Islam dalam menelisik sejarah Islam di Nusantara dan berkontribusi terhadap negara ini,” harapnya.

BACA JUGA :  Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 3 Ton Eco-Enzyme di Tuang ke Danau Toba Perbaiki Kualitas Air Danau

Penulis buku “Jejak Dakwah di Nusantara”, DR Tiar Anwar Bachtiar yang merupakan Ketua Bidang Tarbiyah Persis Pusat, dalam penjelasannya mengatakan, buku ini adalah sekuel kedua dari Jas Mewah.

“Buku ini konsern akan pembahasan, bahwasanya umat Islam bagian terpenting dari sejarah Indonesia, tetapi seolah-olah perjalanan sejarah Indonesia hanya dari kerajaan Sriwijaya, Majapahit, lalu Indonesia tanpa ada kontribusi umat Islam di situ. Padahal kontribusi umat Islam sangat rill dan konkrit,” jelasnya.

Sedangkan DR Sudirman Suparmin Lc MA sebagai pembanding pada bedah buku kali ini mengatakan, intisari dari buku “Jejak Dakwah di Nusantara” ini luar biasa.

“Dengan membaca buku ini, kita melek akan sejarah Indonesia. Negara ini banyak berutang terhadap umat Islam. Buku ini wajib, harus dan sudah sepatutnya dimiliki umat Islam, terkhusus para pengurus Persatuan Islam (Persis),” katanya.

BACA JUGA :  Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan: Dirut BPODT Harapkan Kesejahteraan Pegawai Setara BUMN

Sementara Abdul Azis, selaku ketua panitia bedah buku ini mengatakan, peserta yang hadir pada acara kali ini berasal dari Pengurus Daerah (PD) Persis Medan, Deliserdang, Langkat, Labuhanbatu Selatan, Karo, Batubara, dan Simalungun.

“Hadir juga kawan-kawan dari Forum Zakat (FOZ), KAHMI, Mathla’ ul Anwar, IKADI Medan, IKADI Sumut, PUI, Masyarakat Ekonomi Syariah, Bamus Minang, dan perwakilan dari Pesantren Al Uswah,” pungkasnya. (red/jok)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *