Sambut Hari Anak Nasional ke-39, Dekranasda Sumut Gelar Kompetisi dan Aksi Sosial

Hari Anak Nasional
Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis menghadiri dan memberi sambutan pada Gelar Karya Dekranasda Provinsi Sumut pada Hari Anak Nasional bersama Dekranasda di Halaman Parkir Belakang Kantor Gubernur (Eks Medan Club), Jalan Kartini Nomor 36 Medan, Kamis (20/7).
Hari Anak Nasional
Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis menghadiri dan memberi sambutan pada Gelar Karya Dekranasda Provinsi Sumut pada Hari Anak Nasional bersama Dekranasda di Halaman Parkir Belakang Kantor Gubernur (Eks Medan Club), Jalan Kartini Nomor 36 Medan, Kamis (20/7).

Asaberita.com, Medan — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan berbagai kompetisi dan aksi sosial, dalam menyambut Hari Anak Nasional ke-39 yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2023. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Mulai dari lomba fashion show hingga lomba mewarnai bagi anak-anak, serta aksi sosial bagi Anak dengan HIV/AIDS (ADHA) digelar di Halaman Parkir Belakang Kantor Gubernur (Eks Medan Club), Jalan Kartini Nomor 36 Medan, Kamis (20/7).

Bacaan Lainnya

Ketua Dekransda Sumut Nawal Lubis mengatakan, kegiatan ini sebagai dukungan Dekransda Sumut dalam menyambut Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan sekaligus untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam pemenuhan hak anak.

“Anak adalah anugerah dari Sang Pecipta, mereka harus kita sayangi, kita didik serta harus mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Jadi Dekransda Sumut ikut berpartisipasi mendukung anak-anak mendapatkan apresiasi melalui kompetisi yang kami laksanakan,” kata Nawal Lubis.

BACA JUGA :  Ratusan Abang Becak Ikut Sosialisasikan HPN 2023 di Sumut

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Sumut Manna Wasalwa Lubis, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumatera Utara (Sumut) Mulyadi Simatupang, Ketua Rukun Wanita Bank Sumut Fitri Hadi Sucipto dan Sekretaris Dekransda Sumut Hasnah Leli Siregar

Menurut Nawal Lubis semua anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, terlindungi dari eksploitasi, serta hak mendapatkan informasi. ” Jadi hak anak sama seperti orang dewasa, hari ini kami mengundang ODHA, kami harapkan mereka harus tumbuh dengan layak dan sejahtera dalam lingkungan masyarakat yang mencintainya, melindunginya, dan menghormati hak-haknya,” jelas Nawal Lubis.

Untuk itu, Nawal Lubis berharap kepada orang tua untuk lebih menyayangi anak-anaknya dengan pola asuh yang lebih baik, sehingga mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan berbudi pekerti.

BACA JUGA :  Buka Seminar Parenting, Nawal Lubis: Orang Tua Hebat Bukan Sekadar Pemburu Nilai Ekonomi

Pada kesempatan tersebut, Nawal Lubis juga menyerahkan piala bagi pemenang lomba mewarnai dan fashion show, serta bantuan berupa peralatan sekolah, tali asih kepada ODHA. Juga diserahkan tablet kepada pengurus Yayasan Peduli ADHA Medan sebagai dukungan Gubernur Sumut melalui Dinas Kominfo Sumut untuk percepatan digitalisasi. Juga ditandai dengan pelepasan balon ke udara dilanjutkan pendandatanganan dukungan “Setop Bullying dan Setop Diskriminasi Anak” oleh Ketua Dekranasa Sumut Nawal Lubis.

Ratna, salah satu orang tua yang anaknya mengikuti lomba mewarnai mengucapkan terima kasih atas kegiatan insfirarif yang dilaksanakan Dekranasda Sumut dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan untuk mengasah bakat dan kepercayaan diri anak-anak Sumut. (red/ri)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *