Syah Afandin Buka Kegiatan Langkat Youth Leadership Camp 2023 PB Himala

PB Himala
Plt Bupati Langkat H Syah Afandin membuka secara resmi kegiatan Langkat Youth Leadership Camp 2023 PB Himala yang digelar di Bumper Kwarcab Langkat di Sei Bingei, Langkat, Jumat (27/10).
PB Himala
Plt Bupati Langkat H Syah Afandin membuka secara resmi kegiatan Langkat Youth Leadership Camp 2023 PB Himala yang digelar di Bumper Kwarcab Langkat di Sei Bingei, Langkat, Jumat (27/10).

Asaberita.com, Langkat — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH, membuka secara resmi kegiatan Langkat Youth Leadership Camp 2023 yang digelar Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Langkat (PB Himala).

Kegiatan yang mengusung tema “Pemuda Sigap dan Sedia, Membangun Langkat Modern dan Berbudaya”, diikuti oleh sekitar 700 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa, yang mengambil tempat di Bumi Perkemahan Kwarcab Langkat, Jl. Kapten Pattimura, Kwala Bingai Stabat, Langkat, Jumat (27/10/2023).

Bacaan Lainnya

H Syah Afandin dalam sambutannya memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada PB Hilama yang telah menggelar kegiatan Langkat Youth Leadership Camp 2023, untuk membekali kaum muda di Langkat agar memiliki skill dan jiwa kepemimpinan.

“Saya ucapkan terima kasih pada PB Himala. Acara ini cukup berarti dalam rangka pembentukan karakter pemuda kita untuk masa depan. Karena tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan,” ujar Ondim, panggilan akrabnya.

Dikesempatan ini, Ondim juga menjawab harapan PB Himala terkait ketersediaan lapangan pekerjaan bagi kalangan pemuda di Langkat yang telah memasuki usia kerja. Syah Afandin mengatakan bahwa para pemuda yang memiliki kemampuan, skill dan keterampilan, tentu akan mampu bersaing di dunia kerja. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM para pemuda itu adalah melalui kegiatan seperti ini.

“Saya sangat gembira, kegiatan ini diikuti banyak peserta dan ini harus rutin kita adakan. Pemkab Langkat sangat mendukung acara seperti ini, dan nantinya lewat BPBD kita akan bangun pusat pelatihan untuk mempersiapkan pemuda-pemuda kita yang tangguh. Saya harap Himala juga dapat berkontribusi di pelatihan-pelatihan itu,” tambahnya.

BACA JUGA :  Gubsu Tegur Kades Yang Telat Raker

Menurut Ondim, tantangan kedepan semakin berat, karenanya para pemuda harus mempersiapkan diri jika tidak ingin tertinggal. Karenanya ia meminta para peserta untuk mengikuti kegiatan Youth Leadership Camp ini secara sungguh-sungguh, agar nantinya dapat pula mensosialisasikan pada teman-teman yang tidak mengikuti kegiatan ini.

PB Himala

Sebelumnya, Ketua Panitia Langkat Youth Leadership Camp 2023, Fajar Syahbandi, menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk membekali para pemuda di Langkat tentang jiwa kepemimpinan, mengasah skill, kemampuan dan kekompakan dalam menghadapi tantangan.

“Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 700 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Langkat, dan akan berlangsung sejak Jumat hingga Minggu, 27 – 29 Oktober 2023,” ujarnya sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara Ketua PB Himala M Wahyu Hidayah SH menyatakan bahwa kegiatan ini digelar sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian Himala dalam mempersiapkan kaum muda Langkat yang memiliki jiwa leadership, tangguh, memiliki skill dan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan, termasuk tantangan dunia kerja.

Wahyu menyampaikan PB Himala memiliki 2 sayap, yakni korp pelajar yang mengakomodir dan memperjuangkan aspirasi pelajar untuk bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Dan Satgas Himala, yang siap tempur dalam membantu masyarakat Langkat, baik saat terjadi bencana maupun dalam kegiatan sosial lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Bupati Langkat H Syah Afandin yang bersedia hadir untuk memberi arahan dan membuka langsung kegiatan ini. Kami menilai beliau memiliki kepedulian kepada kaum muda dan memiliki komitmen kuat dalam pembinaan dan mempersiapkan kaum muda Langkat agar memiliki keterampian, memiliki skill dan kemampuan dalam memghadapi tantangan masa depan,” ucap Wahyu.

BACA JUGA :  Rahudman Terharu Dijadikan Ahli Bait Tuan Guru Batak

Sebab, lanjutnya, salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dan negara, adalah dari semangat pemudanya. Dan pemuda akan maju kalau didukung oleh pemimpinnya. Pemerintah harus memberi kesempatan yang sama kepada warga untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dan setelah itu harus pula ada investasi dalam penyiapan lapangan pekerjaan.

“Kami ingin menyampaikan, peluang dan investasi pekerjaan yang ada di bumi Langkat, harus di khususkan untuk pemuda di Langkat. Jangan sampai kita jadi pengungsi di tanah kelahiran sendiri,” ucap Wahyu Hidayah.

Pembukaan kegiatan Langkat Youth Leadership Camp 2023 ini, ditandai dengan pemukulan gong serta penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta yang dilakukan oleh Plt Bupati Langkat H Syah Afandin.

Terlihat hadir pada pembukaan acara ini, Kadis Koperasi Langkat H Syahrizal, Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, Plt Kalak BPBD HM Ansyari, Kepala Kantor KesbangPol Faisal Badawi, Kadis Perhubungan Arie Ramadhany, Kadis Sosial Taufik Rieza, Kabag PMJ David Helgod Pardede, Kacabdis Pendidikan Wilayah II Disdik Sumut.

Selain itu hadir juga Rektor Universitas Putra Abadi Langkat H Sempurna Tarigan, M.Kes, Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Utama dr Indra Salahuddin, M.Kes, Kadis Kominfo diwakili Sekretaris Trio Prananta Sembiring, perwakilan Dinas PMPTSP dan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Langkat. (red/wan)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *