UINSU Beri Peluang Beasiswa Untuk Mahasiswa Thailand

Dekan FDK UINSU bersama Dubes Indonesia Untuk Thailand. (msj)
Teks Foto : Dekan FDK UINSU Prof Dr Hasan Sazali MAg bersama Dubes Indonesia Untuk Thailand Rachmat Budiman. (msj)
Dekan FDK UINSU bersama Dubes Indonesia Untuk Thailand. (msj)

Thailand – Asaberita.com – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan memberikan peluang seluas-luasnya bagi mahasiswa Thailand untuk melanjutkan studi ke UIN Sumatera Utara. Mahasiswa Thailand yang menjalani studi ke UINSU akan difasilitasi dalam bentuk beasiswa.

“Saya sudah koordinasi dengan Ibu Rektor UINSU, kita akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Thailand yang kuliah ke UINSU,” kata Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) pro Dr Hasan Sazali MAg saat bersilaturrahim dengan Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman didampingi Atase Pendidikan Dan Kebudayaan Achmad Wicaksono Ph.D di Kantor Kedubes Indonesia-Thailand di Bangkok, Jumat malam (15/09/2023).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam silaturrahim tersebut Wakil Dekan I FDK Dr Hasnun Jauhari Ritonga MA, Wakil Dekan III FDK Dr Anang Anas Azhar MA dan para dekan, wakil dekan yang tergabung dalam Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial (Fordekiis) dipimpin Prof Dr Andy Fefta Wijaya.

BACA JUGA :  "Jabatan Mau, Resiko Tak Mau"

Hasan Sazali dalam pertemuan tersebut menyampaikan kepada Duta Besar Indonesia untuk Thailand, bahwa UINSU Medan menerima mahasiswa baru dari Thailand. Mahasiswa yang berasal dari Thailand diberikan beasiswa selama perkuliahan berlangsung.

“Garapan calon mahasiswa kita yang kita ambil dari wilayah Patani-Thailand. Mengapa demikian? Karena di kawasan ini mayoritas penduduknya muslim. Jadi, peluang beasiswa kepada mereka sangat terbuka,” katanya.

Dubes Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman, sangat mengapresiasi program UINSU menerima mahasiswa baru dari Thailand. “Ini bagus, dan kita akan tindak lanjuti dengan atase pendidikan dan kebudayan di KBRI,” katanya.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Bangkok, Achmad Wicaksono menyampaikan segera menindaklanjuti rencana tersebut. “Semoga program ini secepatnya terealisasi,” katanya.

Bersama Atase Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, di Kedubes Indonesia-Thailand. (msj)

Prof Hasan Sazali mengatakan pihaknya dalam waktu dekan akan melakukan pertemuan lanjutan secara khusus dengan Rektor UINSU Medan. Sebelum realisasi program ini berjalan, pihaknya menggelar zoom meeting terlebih dahulu sebagai langkah awal merealisasikan program beasiswa kepada mahasiswa Thailand tersebut.

Dia menyebutkan peluang menggaet mahasiswa asing seperti dari Thailand lebih banyak, apalagi target yang diinginkan untuk meraih akreditasi unggul. Unggul menjadi harga mati UINSU guna mengejar kesetaraan dengan perguruan tinggi lainnya.

BACA JUGA :  Kejar Akreditasi Unggul, FDK UINSU MoA dengan Burapha University – Thailand 

Rektor UINSU Medan Prof Dr Nurhayati MAg yang dikonfirmasi, Jumat malam, sangat mengapresiasi rencana itu. Program ini kata dia, merupakan langkah yang baik untuk merekrut mahasiswa internasional. “Langkah ini sangat baik sebagai salah satu upaya mengejar akreditasi unggul UINSU,” katanya.

Prof Hasan Sazali menyebutkan agar program ini terealisasi secepatnya, maka langkah kongkrit yang diambil adalah mengusulkan sekaligus mengalokasikan beasiswa UPZ untuk mahasiswa Thailand. “Saya kira dengan UKT yang tidak begitu tinggi yang dibebabnakn kepada mahasiswa, beasiswa UPZ tidak salah untuk dialokasikan kepada mahasiswa Thailand dengan jumlah terbatas,” katanya. ** msj

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *