AMK Sumut Desak Kejatisu Tangkap Zainuddin Purba Terkait Perjalanan Dinas Fiktif DPRD Binjai

Perjalanan Dinas Fiktif
Mantan Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba (foto ist)

Asaberita.com – Medan – Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi (AMK) Sumut desak Kejatisu tangkap Mantan Ketua DPRD Kota Binjai, Zainuddin Purba, atas kasus perjalanan dinas fiktif DPRD Binjai periode 2014-2019.

Hal itu disampaikan Ketua AMK Sumut, Awaluddin Nasution, Kamis (23/7/2020) di Medan. Awaluddin menerangkan, kasus perjalanan dinas fiktif tersebut sebenarnya sedang ditangani Kejari Binjai, namun sampai sekarang kasus tersebut terkesan didiamkan saja.

“Ada dua kasus dugaan korupsi Zainuddin Purba yang ditangani Kejari Binjai, mulai dari sewa gedung sementara DPRD sampai kasus perjalanan dinas fiktif. Namun prosesnya sangat lambat dan terkesan mau didiamkan saja,” katanya.

Menurutnya, kerugian negara terkait itu juga dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

BACA JUGA :  AMK Resmi Laporkan Dugaan Korupsi Penyewaan Gedung DPRD Binjai ke Kejatisu

Dalam laporan LHP BKP tersebut dijelaskan bahwa ada manipulasi laporan perjalanan dinas dan selisih harga hotel.

“Zainuddin Purba cs tidak berangkat ke Jakarta dan Jawa Barat pada Bulan Februari hingga September, namun dilaporkan oleh Setwan DPRD seolah mereka-mereka itu berangkat,” katanya.

Atas dasar itu, AMK mendesak Kejatisu ambil alih kasus korupsi Zainuddin Purba cs dari Kejari Binjai. “Hal ini penting demi menegakkan hukum yang seadil-adilnya,” tegasnya. (asa/ss)

657 total views, 6 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *