Gibran Semakin Kokoh, Gerindra Dukung Anak Jokowi di Pilkada Solo

Anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka kembali mendapat dukungan dari Partai Gerindra pada Pilkada Solo. (foto/dc/msj)

Asaberita.com – Solo – Kekuatan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa semakin kokoh dengan tambahan dukungan dari Partai Gerindra. Pasangan yang diusung PDIP itu diprediksi semakin mudah memenangi Pilkada Solo, bulan Desember mendatang.

Dukungan dari Gerindra sudah resmi diumumkan melalui pembacaan rekomendasi bakal calon kepala daerah se-Jawa Tengah di kantor DPD Gerindra Jawa Tengah, Semarang, Senin (3/8). Gibran-Teguh telah sah mengantongi surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Di Semarang, Gibran menyebut dukungan dari Gerindra bakal menjadi suntikan semangat untuk memenangkan kontestasi Pilkada Solo 2020. Dia pun menegaskan akan langsung berkoordinasi dengan DPC Gerindra Solo.

“Dengan turunnya rekomendasi akan menjadi kekuatan tambahan untuk memenangkan kontestasi, kerja sama ini untuk kepentingan warga Solo dan kemajuan Kota Solo. Saya akan segera lakukan koordinasi dan komunikasi yang intensif kepada DPC Gerindra Solo,” kata Gibran.

Tak lupa Gibran berterima kasih kepada Prabowo Subianto atas dukungannya. Dia menyebut dukungan itu sebagai amanah. “Pertama terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Pak Ketua Umum Partai Gerindra, Bapak Haji Prabowo Subianto yang sudah mengamanahkan rekomendasi ke saya dan Pak Teguh,” ujarnya.

Gibran sendiri mengaku sudah lama tidak berkomunikasi dengan Prabowo. Dia berencana akan segera menemui Prabowo. “Dalam waktu dekat saya segera sowan untuk menjalin silaturahmi dengan Pak Prabowo. Sudah lama sekali tidak bertemu Prabowo.

BACA JUGA :  Terkait Dukung Mendukung Calon di Pilkada, Japorman Minta Kader PDIP Tahan Diri

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani turut hadir ke Semarang sebagai perwakilan dari DPP PDIP. Dia menyebut alasan pemilihan Gibran tak lepas dari hubungan Prabowo dengan ayah Gibran, Presiden Joko Widodo.

“Sepertinya di sana (Solo) calon tunggal. Kemudian kedua tentu saja Pak Prabowo adalah Menteri Pertahanan yang merupakan menteri dari Pak Jokowi. Jadi saya kira hubungan-hubungan itu juga menjadi alasan kita mengambil keputusan itu,” ucap Muzani.

Di hari yang sama, DPC Gerindra Solo langsung mengenalkan Gibran-Teguh kepada kadernya. Para kader antusias menyambut pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo itu.

Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengatakan siap memenangkan Gibran-Teguh. Dia menjanjikan akan kembali meraih perolehan suara seperti pada Pileg 2019 lalu.

“Insyaallah dari kader Gerindra siap menerima (Gibran-Teguh) semua. Kita sudah terbiasa dengan arahan sistem komando. Jadi kita masih bisa menerima,” ujar Ardianto di kantor DPC Gerindra Solo.

Dia menegaskan bahwa Gerindra merupakan partai pertama yang secara resmi menyerahkan dukungan kepada Gibran-Teguh. Ardianto mengatakan hal tersebut sebagai bentuk komitmen dukungan kepada Gibran-Teguh.

BACA JUGA :  Mukernas PPP Minta DPP Gelar Muktamar Usai Pilkada 2020

“Dari awal kami mendukung Mas Gibran, wajar sekarang juga paling cepat. Kita menunjukkan lebih awal, kita konsisten mendukung Mas Gibran,” ujar dia.

Dengan adanya dukungan Gerindra ini, semakin kecil kemungkinan partai lain mencari lawan untuk Gibran. Semakin besar pula kemungkinan Gibran memenangkan Pilkada Solo dengan mudah.

Dilihat dari perolehan kursi DPRD Solo, Gibran sudah mengantongi dukungan 33 kursi, yakni 30 kursi PDIP dan 3 kursi Gerindra. Sementara PKS yang ingin menjadi oposisi hanya memiliki 5 kursi, masih kurang 4 kursi lagi untuk bisa mengusung calon.

Padahal saat ini partai lain, PAN dan Golkar yang memiliki 3 kursi DPRD, serta PSI yang memiliki 1 kursi, sudah menyatakan dukungan untuk Gibran. Namun mereka belum memberikan surat resmi.

Gibran tinggal memiliki kemungkinan melawan pasangan independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo yang masih berusaha keras memenuhi syarat dukungan. Jika mereka tidak lolos, maka Gibran berpeluang besar melawan kotak kosong.** dc/msj

327 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *