Magister dan Doktor KPI FDK UINSU Terima Mahasiswa Baru

Gedung Pascasarjana UINSU sekaligus ruang kuliah Magister dan Doktor KPI FDK UINSU. (foto/ist)

Asaberita.com – Medan – Program Studi Magister (S2) dan Doktor (S3) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi (KPI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan, menerima mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2020/2021.

“Pendaftaran gelombang II dimulai sejak 27 Juni sampai 27 Juli 2020 mendatang, sedangkan gelombang I sudah berakhir tanggal 27 Juni 2020 lalu,” kata Dekan FDK UINSU Meda Dr Soiman MA didampingi Wakil Dekan I Dr Efi Brata Madya M.Si, Ketua Prodi Magister (S2)KPI Dr Mailin MA, Sekretaris Prodi Dr Anang Anas Azhar MA, Ketua Prodi Doktor (S3) KPI Dr Ahmad Tamrin Sikumbang MA dan Sekretaris Dr Sahdin Hasibuan dalam siaran persnya yang diterima Asaberita.com, Senin (06/07/2020).

Dr Soiman menjelaskan tujuan penerimaan magister dan doktor KPI FDK UINSU, guna menciptakan magister dan doktor yang ahli di bidang komunikasi Islam. Secara khusus, magister dan doktor yang diterima di program studi itu diharapkan melahirkan magister dan doktor yang profesional di bidang komunkasi Islam.

Menurut dia, mahasiswa magsiter dan doktor yang diterima di KPI FDK terbuka untuk umum. Apakah dari instansi pemerintah atau swasta, terlebih dari itu para alumni yang selama ini mendalami bidang ilmu komunikasi. “Jika alumni S1-nya dari ilmu komunikasi, maka magister dan doktor KPI secara spesipik akan mendalami komunikasi secara umum dan komunikasi Islam secara khusus,” kata Dr Soiman MA.

Calon mahasiswa yang akan diterima untuk magister (S2) dan doktor (S3) kata dia, berasal dari kalangan pejabat pemerintah seperti pemkab, pemko, pempropsu. Dari kalangan praktisi seperti wartawan, public relation dan secara khusus dari alumni KPI S2 dari manapun asalnya.

BACA JUGA :  Akhyar Bentuk Tim Penataan Kawasan Kesawan dan Gedung Warenhuis

Adapun syarat pendaftarannya, membayar biaya pendaftaran ke BNI Syariah. Untuk Magister (S2) sebanyak Rp 300.000, sedangkan Doktor (S3) sebanyak Rp 400.000. Mengisi formulir pendaftaran secara online pada http://pmb.uinsu.ac.id. Foto copy ijazah dan transkrip S1 bagi yang masuk S2 dan foto copy ijazah dan transkrip ijazah S2 bagi yang masuk ke S3.

Syarat selanjutnya, calon mahasiswa S2 dan S3 harus mendapat rekomendasi dari dosen bergelar minimal doktor atau guru besar. Khusus untuk S3 wajib menyiapkan proposal disertasi. Calon mahasiswa menyiapkan pas foto ukuran 3 x 4 = 3 lembar dan 4 x 6 = 3 lembar. Bagi yang sudah bekerja harus mendapatkan surat izin dari atasan tempat bekerja.

Kampus UINSU
Gedung Perkuliahan Kampus IV UINSU di Tuntungan yang siap di gunakan pada September 2020. (Foto: ist)

Adapun biaya kuliah untuk Magister (S2) Non-Reguler Rp 6.000.000 per semester, untuk Reguler Program Magister (S2) Rp 4.000.000. Sedangkan Program Doktor (S3) sebanyak Rp 7.000.000 per semester. Materi ujian untuk diujikan adalah Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Test Potensi Akademik (TPA) dan wawancara, khusus program doktor wawancara ditujukan kepada proposal disertasi.

Dr Soiman mengatakan sesuai pengumuman Rektor melalui Wakil Rektor Nomor : B.35/Un.11.WR.1/B.5b/PP.00.9/07/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksnaan Penerimaan mahasiswa baru program Magister dan Doktor UINSU Medan TA 2020/2021, maka jadwal pendaftaran pada penerimaan mahasiswa baru Program Magister dan Doktor Gelombang I dan II tidak mengalami Perubahan.

Disebutkan, pelaksanaan ujian pada penerimaan mahasiswa baru Program Magister (S2) dan Doktor (S3) Tahun 2020 Gelombang I dan II dilaksanakan secara bersamaan serta dilakukan secara daring (online) pada laman website: https://umm.uinsu.ac.id

BACA JUGA :  Forum Aktifis 98 Sumut Desak Akhyar Minta Maaf Kepada Warga Medan

Peserta ujian kata dia, wajib mencetak ulang kartu ujian. Pencetakan ulang kartu ujian 13 Juli sampai 12 Agustus 2020. Pelaksanaan ujian bahasa Arab, Bahasa Inggris dan TPA (Online) tanggal 13 Agustus 2020. Pelaksanaan ujian wawancara tanggal 14 Agustus 2020. Sedangkan Pengumuman lulus tanggal 22 Agustus 2020.

Sedangka dosen-dosen yang mengajar di pada Magister dan Doktor KPI FDK UINSU tersebut di antaranya, Prof Dr Syukur Kholil MA (Lulusan S3 UKM, Malaysia), Prof Dr Suwardi Lubis MS (Lulusan S3 Unpad-Bandung), Prof Rahma Hashim Ph.D (Lulusan S3 Ohio University,USA), Prof Dr Lahmuddin Lubus M.Ed (Lulusan S3 USM, Malaysia), Dr Syahrul Nasution MAg (UINSU), Dr Hasan Sazali MA (Lulusan S3 UGM, Yogyakarta), Prof Dr Yusnadi MS (Lulusan S3 UPI, Bandung), Dr Iskandar Zulkarnain MSi (Lulusan S3 Unpad, Bandung), Dr Ahmad Tamrin Sikumbang (UINSU), Dr Mailin MA (UINSU), Dr Anang Anas Azhar MA (UINSU), Dr Erwan Efendi (UINSU), Dr Syafrudin Pohan MA (Lulusan S3 USM, Malaysia), Dr Hasrat Efendi Samosir MA (UINSU), Dr Zainun MA (UINSU), Dr Sahdin Hasibuan (UINSU) dan Dr Muhammad Husni Ritonga MA (UINSU).

Bagi yang berkeinginan melanjutkan studi Magister dan Doktor KPI FDK UINSU, dipersilakan mengubungi secretariat a/n Wildan Anshori melalui WA 085372548406. ** msj

3,729 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *