20 Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Cocok buat Pemula

Ide Usaha Rumahan
(Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Ide Usaha Rumahan
(Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Asaberita.com, Jakarta – Usaha rumahan menjadi salah satu hal yang banyak diminati orang. Menariknya, ada beberapa ide usaha rumahan yang cocok untuk pemula dengan modal kecil. Kebanyakan usaha rumahan juga bisa dibangun dengan mudah dan bisa menjanjikan.

Usaha rumahan apa yang cocok untuk pemula? Simak informasinya di bawah ini.

Ide Usaha Rumahan
Berikut merupakan beberapa contoh ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa menjanjikan.

1. Warung Kopi (Warkop)
Dikutip dari situs Designhil, usaha rumahan dengan modal kecil dengan mudah adalah membuka warung kopi. Kamu bisa buka warkop sederhana, untuk tempat orang sekadar nongkrong hingga bersantai.

Umumnya, warkop di Indonesia menyediakan menu kopi, teh, aneka minuman, juga mi instan hingga gorengan untuk makanannya.

2. Warung Sembako
Usaha rumahan yang tidak ada matinya adalah warung sembako. Seperti diketahui, warung sembako menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari sabun, beras, bumbu dapur, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa buka warung sembako dengan memanfaatkan ruangan kecil atau yang tidak terpakai di depan rumahmu. Jika dikelola dengan baik, usaha ini tentu akan menjanjikan karena perputaran uangnya terus berjalan.

3. Jual Aneka Cemilan
Banyak orang yang suka ngemil, tentunya usaha jualan cemilan bisa jadi bisnis yang menguntungkan karena bakal laku di pasaran. Risoles, keripik, bolu, kue kering, cemilan pedas kiloan bisa menjadi referensi cemilan yang bisa kamu jual.

4. Usaha Jahit
Jahit-menjahit masuk menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Pasalnya, baju merupakan kebutuhan primer, ditambah banyaknya peminat dan penjualan produk-produk baju di toko online.

Jika kamu berbakat juga dalam mendesain, bisa jadi bisnis jahit menjahit ini bisa berkembang menjadi usaha konveksi.

5. Pertamini
Membuka pertamini di rumah atau di pinggir jalan akan sangat cuan, apalagi kalau lokasi sekitar rumah kamu cukup jauh dari pom bensin. Menjual bensin eceran ini bisa kamu manfaatkan sebagai usaha yang bisa menguntungkan.

6. Jasa Foto Produk Katalog
Ide usaha rumahan kreatif yang bisa dipilih yaitu jasa fotografi produk, terlebih jika kamu punya bakat dan jago dalam fotografi.

Jasa ini dipakai untuk membuat foto katalog foto produk makanan, minuman, produk baju, aksesoris, dan lain-lain. Bisa menjanjikan, karena banyak orang membutuhkan jasa ini untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

7. Catering
Membuka catering adalah ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang jago masak dan punya hobi masak. Bisa membuat menu catering kantoran, catering sehat, catering snack box, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  Wonderfull, UEA Resmikan Pembangkit Listrik Nuklir Pertama di Arab

8. Jasa Tempat Cuci Motor
Usaha rumahan dengan modal kecil lainnya yaitu usaha tempat cuci motor atau steam motor. Bisnis kecil ini bisa sangat menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Namun, sebagai pemula kita juga tetap perlu pelajari hal-hal yang harus diperhatikan. Agar pelanggan bisa betah dan suka menggunakan jasa cuci motor di rumah atau tempatmu.

9. Buka Franchise Depan Rumah
Usaha di bidang waralaba (franchise) bisa kamu lakukan untuk jadi ide usaha rumahan lainnya. Kamu bisa pilih waralaba yang modalnya tidak besar. Pilihan franchisenya bisa cemilan, minuman, dan masih banyak lagi.

10. Print on Demand
Model bisnis cetak sesuai permintaan orang lain dapat memiliki karya kamu secara fisik. Produknya bisa berupa poster, seni dinding berbingkai, hingga kartu ucapan.

Kamu juga bisa memanfaatkan banyak template digital murah. Pastikan kamu memiliki hak atas konten yang ingin dicetak.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan membangun kerja sama dengan pemasok yang bisa mencetak desain kamu pada suatu produk. Selain itu, mereka juga bisa membantu untuk mengemas sekaligus mengirim produk ke pelanggan.

11. Budidaya Ikan Hias
Bagi kamu yang punya hobi dan mengetahui tentang ikan, kamu bisa membuka usaha rumahan budidaya ikan hias.

Akan menjadi cuan, karena beberapa harga ikan hias harganya ada yang sangat tinggi. Kamu juga perlu mempelajari dan mengetahui sistem pasar ikan hias agar usaha bisa bertahan lama.

12. Buka Kursus Yoga
Dilansir laman Thinkific, kursus yoga termasuk usaha rumahan yang bisa dilakukan terutama untuk seseorang yang memiliki pengetahuan tentang yoga. Dengan demikian, skill ini bisa berubah menjadi panggilan karir.

Untuk mengajar yoga, biasanya seseorang harus menyelesaikan sertifikat dari sekolah. Ruangan rumah yang kosong dan tidak terpakai bisa dijadikan tempat untuk latihan yoga tersebut.

13. Jualan Aksesoris
ide bisnis rumahan modal kecil yang tidak ada mati lainnya yaitu usaha jual aksesoris. Bisa berbagai aksesoris, misalnya aksesoris HP, gelang, kalung, jepit rambut, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membuat sendiri aksesoris tersebut atau membeli maupun mencari supplier manik-manik untuk mendapatkan stok aksesoris yang nantinya kamu jual. Usaha ini bisa dilakukan dengan buka toko offline maupun melalui online.

14. Fasilitator Layanan Packing
Kamu bisa bawa dan mengerjakan suatu produk yang perlu dikemas ke rumahmu. Di sisi lain, menjadi fasilitator layanan pengepakan, juga bisa membuat kamu akan pergi ke rumah orang dan mengemas barang-barang kecil mereka ke dalam kotak yang tertata.

BACA JUGA :  Peringati Hari Pangan Sedunia, Pemkab Madina Gelar Gerak Pangan Murah

15. Menjual Desain dan Kaos Print on Demand
Dilansir laman Shopify, ide usaha rumahan kreatif yaitu ada desain dan menjual kaos print on demand. Di sini fokusnya adalah menyesuaikan produk dengan desaikamu sendiri untuk menciptakan sesuatu yang orisinal.

Kaos dicetak sesuai permintaan untuk menempatkan inventaris, pengiriman, dan pemenuhan di tangan pemasok pihak ketiga.

16. Drop Shopping
Bisnis dropshipping bisa jadi ide usaha rumahan tahun 2023, yang bisa dikerjakan di rumah lewat online lho.Pasalnya, kamu tidak perlu mengelola produk fisik, namun hanya perlu membangun kemitraan dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, serta mengirimkan pesanan ke pelanggan.

17. Jasa Laundry Kiloan
Jasa laundry kiloan sejatinya bisa menghasilkan omzet besar. Pasalnya, jasa ini akan sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang terlalu sibuk maupun anak kosan yang tidak sempat untuk punya waktu mencuci.

18. Jual Produk Make Up dan Skincare
Bisnis makeup dan skincare juga bisa kamu coba sebagai ide jualan rumahan online. Umumnya, pemula hanya perlu membeli beberapa produk make-up dan skincare lalu kembali menjualnya kembali ke pasar maupun lewat online.

19. Jual Barang DIY
Usaha rumahan yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu menjual barang atau kerajinan buatan tangan sendiri atau dikenal Do It Yourself (DIY). Misalnya, sabun, lilin, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mulai dengan sederhana, yakni membuat berdasarkan per pesanan atau dengan batch kecil hingga kamu mulai menghasilkan penjualan yang konsisten.

20. Bisnis Kebutuhan Hewan Peliharaan,
Industri hewan peliharaan punya pasarnya sendiri, dengan peluang untuk semua jenis ide bisnis kecil. Bisnis hewan peliharaan yang bisa kamu coba yaitu dengan berbasis produk atau layanan, mulai dari menjual aksesori, makanan, mainan, atau hingga menawarkan keahlian perawatan, maupun pelatihan.

Sejatinya, setiap usaha ada keuntungan dan juga risiko merugi. Namun, ide usaha rumahan tadi setidaknya bisa kamu coba sebagai referensi jika ingin memulai bisnis.

Nah, itu tadi beberapa ide usaha rumahan di tahun 2023 dengan modal yang relatif kecil yang mungkin bisa menjanjikan, jika dikembangkan dengan serius. Selamat mencoba berbisnis!
(dtf/asa)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *