Angkat Afifi Lubis Plt Sekda, Gubsu Linglung Jalankan Pemerintahan

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Dr Aswan Jaya
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Dr Aswan Jaya.
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Dr Aswan Jaya
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Dr Aswan Jaya.

 

Asaberita.com, Medan – Pengangkatan Afifi Lubis sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Utara (Sumut) merupakan bukti Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi linglung dalam menjalankan pemerintahan.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Dr Aswan Jaya kepada wartawan. Pakar ilmu komunikasi tersebut menuturkan bahwa selesainya masa jabatan dari Sekda yang lama Sabrina sudah ditentukan sesuai dengan undang-undang.

Sementara pengangkatan penggantinya sudah dapat dipersiapkan sebelum masa jabatan Sekda berakhir. Tujuannya agar proses roda pemerintahan tidak terganggu dan tidak terhalang, karena posisi Sekda sangat penting dalam pemerintahan. Namun hal itu tidak dipersiapkan oleh Gubernur Edy Rahmayadi.

Bahkan yang paling fatal, untuk mengunjuk pelaksana tugaspun Edy terlihat linglung, karena menunjuk pelaksana dari sosok yang sudah menempati sejumlah jabatan strategis pemerintah daerah.

“Jangankan mempersiapkan pengganti, untuk mempersiapkan pemain sementarapun dia linglung. Karena yang dihunjuk sebagai Plt adalah orang yang rangkap jabatan dan namanya itu-itu saja,” jelasnya, di ruangan staf khusus DPRD, di Gedung DPRD Sumut, Senin (31/5).

BACA JUGA :  Aswan Jaya: Bertikai dengan Bobby, Gubernur Edy Kekanak-Kanakan

Idealnya, menurut Aswan Jaya, Gubernur Edy sudah mempersiapkan proses pergantian jabatan Sekda sejak April lalu, karena ketentuan undang-undang batas usia pejabat daerah sudah diatur. Sayangnya, menurut politisi yang juga akademisi ini, Edy masih terlalu doyan untuk melakukan manuver yang melawan arah angin. Sehingga terlihat aneh dan mempertegas dirinya linglung pada pengambilan keputusan.

“Apa tidak ada lagi eselon dua yang layak dan tidak rangkap jabatan. Kenapa orang yang sudah menempati sejumlah jabatan strategis kembali harus dibebankan lagi dengan pekerjaan besar. Efektifitasnya kita pertimbangkan. Bagaimana nanti satu orang mengambil keputusan untuk sejumlah pekerjaan yang berat,” ujarnya.

Aswan berharap Gubernur Edy segera melakukan perbaikan atas kebijakan-kebiajakan yang linglung tersebut. Karena kebijakan itu akan merugikan sejumlah pihak, mulai dari rakyat hingga pemerintah.

Selain itu, Aswan Jaya juga mempertanyakan kenapa Gubernur Edy kenapa sangat menyenangi penempatan pejabat rangkap, khususnya untuk Afifi. Mantan Ketua PSSI tersebut dinilai terlalu mengidolakan Afifi, atau tidak memiliki referensi nama di jajaran pejabat daerah. Padahal banyak pejabat yang dapat dimaksimalkan untuk menjalankan tugas.

BACA JUGA :  Rahudman Harahap Road Show Keadilan dan Kesetaraan di Kawasan Medan Utara

“Atau mungkin gubernur ingin menempatkan Afifi sebagai pejabat spesialis Plt. Karena sejumlah jabatan strategis diberikan kepada Afifi. Atau ada unsur lain yang kita sama-sama mempertanyakannya. Karena masih banyak nama yang kami nilai mampu,” ujarnya.

Hal lain yang harus diketahui masyarakat tentang proses pelaksanaan pemerintah di tangan Gubernur Edy adalah tren Plt. Karena itu membuktikan manajemen sumber daya manusia yang dimiliki Edy Rahmayadi sangat lamban.

Sebab bertahun-tahun Edy menempati jabatan gubernur, kata Aswan, dia hanya mahir untuk memukul gong dalam acara serimoni dan bukan menempatkan pejabat yang baik dan benar untuk menjalankan roda pemerintahan. (rel)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *