Bengkulu Sempat Diguncang 2 Kali Gempa di Atas M 6,0 Pagi Ini

Propinsi Bengkulu dalam peta, acapkali terjadi gempa. (foto/msj)

Asaberita.com – Bengkulu – Provinsi Bengkulu terdampak gempa bumi dengan kekuatan di atas magnitudo (M) 6,0 pagi ini. Gempa tersebut berselang waktu 6 menit.

Dari data yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pukul 05.23 WIB dengan M 6,9. Gempa berpusat di laut, 169 kilometer barat daya Bengkulu dengan kedalaman 10 kilometer. Koordinat gempa yakni 4,50 lintang selatan dan 100,91 bujur timur.

Enam menit berselang, tepatnya pukul 05.29 WIB, terjadi gempa susulan dengan M 6,8. Gempa berpusat di laut, 78 kilometer barat daya Bengkulu dengan kedalaman 11 kilometer. Koordinat gempa yakni 3,74 lintang selatan dan 101,56 bujur timur.

BACA JUGA :  Empat Mafia Tanah Ditangkap, Edy Rahmayadi Apresiasi Kecepatan Tim Penyidik

“Gempanya dua kali M 6,9 dan M 6,8, meskipun lebih kecil dari gempa pertama, gempa kedua kemungkinan lebih berasa karena episenternya lebih dekat ke darat,” jelas BMKG, Rabu (19/8/2020).

Dari laporan detikcom di Bengkulu, salah seorang warga Firdaus mengatakan gempa terasa cukup kuat dan berlangsung hampir satu menit, membuat dirinya bersama keluarga panik dan lari keluar rumah, bahkan selang beberapa menit kemudian gempa susulan kembali terjadi dan terasa kencang dengan M 6,8 sekitar pukul 05.29 WIB. “Panik karena gempanya lumayan kencang dan lama,” ujar Firdaus saat dikonfirmasi.

Firdaus mengatakan dirinya masih was-was karena takut akan ada gempa susulan. Sementara dia masih membiarkan pintu rumah terbuka.** dc/msj

1,845 total views, 9 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *