BPJS Ketenagakerjaan Padanglawas Gencar Sosialisasi GN Lingkaran

Penyerahan klaim santunan BPJS Ketenagakerjaan
Plt Bupati Padanglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padanglawas Wahyudi menyerahkan klaim secara santunan secara simbolis dalam acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Sibuhuan, Rabu (22/6).
Penyerahan klaim santunan BPJS Ketenagakerjaan
Plt Bupati Padanglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padanglawas Wahyudi menyerahkan klaim secara santunan secara simbolis dalam acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Sibuhuan, Rabu (22/6).

Asaberita.com, Padanglawas — BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kabupaten Padanglawas (Palas) terus aktif dan gencar melakukan sosialisasi, termasuk sosialisasi dan inplementasi program gerakan nasional pedulli perlindungan  pekerja rentan (GN Lingkaran).

Seperti yang dilakukan pada Rabu (21/6/2023) di Sibuhuan, BPJamsostek melakukan sosialisasi GN Lingkaran kepada perwakilan perusahaan swasta dan BUMN menengah ke atas se Padanglawas serta sejumlah pimpinan OPD.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palas, Wahyudi, mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi manfaat  BPJS Ketenagakerjaan dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kecelakaan Kematian (JKM) dan cara untuk bisa menjadi peserta.

Wahyudi menjelaskan, tujuan program ini adalah untuk memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.

“Jadi sasaran dari program ini adalah kepada para pekerja untuk mendapatkan perlindungan sosial,” kata Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, serta Instruksi Presiden nomor 4 tahun 2022  tentang penghapusan kemiskinan ekstrim melalui program gerakan nasional peduli perlindungan pekerja rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan melalui CSR Perusahaan.

BACA JUGA :  Banyak Masalah, F-PDIP: Evaluasi Total Managemen dan Komut PT PSU

“BP Jamsostek akan terus menyasar pekerja yang selama ini belum tersentuh program Jamsostek tentu tidak terlepas dari dukungan dari pihak.perusahaan dan pemerintah daerah,” ujar Wahyudi.

Apalagi kata Wahyudi, apa yang menjadi Instruksi Presiden untuk penghapusan kemiskinan ekstrim akan terus di sosialisasikan, sehingga seluruh pekerja rentan dan penghapusan kemiskinan ekstrim bisa terwujud.

Sementara itu, Plt Bupati Padsnglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu mendukung langkah dan sosialisasi program BPJS  Ketenagakerjaan.

“Pemkab Padanglawaa sangat konsen dan mendukung program BPJamsostek, apalagi manfaatnya sangat besar untuk perlindungan kepada para pekerja,” kata Zarnawi.

Zarnawi juga mengatakan, program GN Lingkaran adalah program naaional untuk penghapusan kemiskinan ekstrim sangat positif guna memberikan perlindungan kepada pekerja.

“Bila dibutuhkan nantinya Pemerintah Daerah akan mengeluarkan surat untuk mendukung program GN Lingkaran sehingga pekerja di perusahaan bisa menjadi peserta Jamsostek dan iurannya dibayar melalui CSR perusahaan,” kata Zarnawi.

BACA JUGA :  Kepala Ombudsman Sumut: Perlu Komitmen Kuat Ciptakan Layanan Publik Yang Bersih dan Bebas Korupsi

Sementara dalam acara itu juga dilakukan.pembayaran klaim secara simbolis. Sementara dari data BPJamsostek Padanglawas, pemberian klaim dari Januari – Juni 2023, berupa jaminan hari tua sebanyak 1.513 klaim dengan total Rp 25.927.808.500, penyerahan jaminan pensiun 206 klaim total Rp 238.408.310.

Sedangkan untuk penyerahan jaminan kecelakaan kerja 30 klaim dengan total Rp 205.711.960, serta penyerahan jaminan kematian 31 klaim  Rp 1.302.000.000 dan manfaat beasiswa anak dari Jaminan Kematian ada 35 klaim total Rp 140.000.000. (red/gar)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *