Desa Hutabaringin Madina Prioritaskan Bangun Jalan Rabat Beton Tahun 2023

Kantor Desa
Pemerintah Desa Hutabaringin Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bersama masyarakat dalam acara kegiatan musyawarah desa di Kantor Kepala Desa, Selasa kemarin.
Kantor Desa
Pemerintah Desa Hutabaringin Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bersama masyarakat dalam acara kegiatan musyawarah desa di Kantor Kepala Desa, Selasa kemarin.

Asaberita.com, Madina – Pemerintah Desa Hutabaringin Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan memprioritaskan pembangunan sambungan jalan rabat beton Sabajulu dari kucuran Dana Desa tahun 2023.

Perencanaan jalan rabat beton Sabajulu yang akan dibangun Pemerintah Desa Hutabaringin merupakan jalan desa yang menjadi jalur ke lahan pemakaman desa serta jalur lalu lintas warga ke sentra pertanian dan perkebunan.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Hutabaringin Ashari Siregar melalui Sekretaris Desa Mhd Ikhsan mengatakan, pembangunan jalan rabat beton Sabajulu yang akan dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) tahun 2023 nantinya bervolume 200 meter dan yang sudah dilaksanakan di tahun 2022 lalu sepanjang 100 meter.

Pembangunan jalan rabat beton ini merupakan usulan warga dan hasil mufakat masyarakat melalui musyawarah desa yang juga sudah di Musrenbangdeskan di kantor Kepala Desa.

BACA JUGA :  FPAN DPRD Tapsel Temukan Program Terbengkalai PT AR di Desa Hapesong Baru

“Untuk tahun 2023 ini kami memprioriataskan pembangunan jalan rabat beton yang sudah terbebas dari segi lahan. Adapun kegunaan jalan tersebut untuk perluasan pemukiman desa, dan memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian yang setiap harinya dilalui para petani,” ucap Sekdes Mhd Ikhsan, Rabu (1/2/2023).

Manfaat dalam jangka panjang pembangunan jalan rabat beton Sabajulu akan memudahkan masyarakat berpindah atau menempati lokasi baru melalui jalan yang akan dibangun, sedangkan jangka pendeknya warga jadi mudah ke lahan pemakaman serta menjadi hemat biaya pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan.

“Jalan rabat beton ini pengerjaannya dilakukan secara bertahap, sesuai anggaran dana desa yang tersedia. Pembangunan jalan desa ini untuk memudahkan warga mengangkut hasil bumi dari sektor pertanian dan perkebunan, juga untuk perluasan wilayah pemukiman. Dengan adanya jalan ini biaya angkut hasil bumi menjadi murah, karena warga tak perlu lagi membayar ongkos pikul,” jelas Sekdes.

BACA JUGA :  Asisten III Setdakab Madina Resmi Tutup MTQH ke-XXII

Sementara, Ketua BPD Desa Hutabaringin Maratua Hasibuan mengungkapkan rasa syukur dengan adanya program pemerataan pembangunan melalui dana desa, sehingga bisa termanfaatkan walaupun belum terealisasi dan juga berharap program ini berkesinambungan agar jalan-jalan untuk keperluan desa dapat dibangun.

“Pembangunan jalan rabat beton merupakan suatu harapan bagi masyarakat, dengan adanya pembangunan jalan tersebut tentu akan mempermudah akses dalam pengelolaan hasil pertanian, bahkan tidak menutup kemungkinan akan memperbaiki ekonomi masyarakat,” ungkap Ketua BPD Desa. (dm)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *