Imbas Corona, Sejumlah Daerah Tunda UN

Foto: Ilustrasi Ujian Nasional

Asaberita.com-Jakarta –┬áImbas penyebaran wabah virus Corona COVID-19 di Indonesia, sejumlah daerah menunda pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang seyogyanya digelar mulai hari ini.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Abdul Mu’ti mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatur penundaan Ujian Nasional (UN) untuk siswa-siswi SMA dan sederajat.

Penundaan UN hanya berlaku untuk daerah yang menetapkan kondisi darurat COVID-19. Pada hari ini, ada daerah yang tetap menggelar UNBK dan ada juga yang menundanya.

Kemendikbud menyebut setidaknya ada 5 daerah yang menunda pelaksanaan UN dalam rangka antisipasi pencegahan virus Corona COVID-19.

“Info dari beberapa daerah yang UN ditunda yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar), Banten dan Bali,” kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud Muhammad Bakrun, saat dihubungi Senin sore (16/3/2020).

BACA JUGA :  Cendikiawan Muslim Sumut : Koalisi NU - Nasionalis Keniscayaan Sejarah

“Pastinya (jadwal UN susulan) menunggu dari BSNP dan Balitbang (Kemendikbud),” ujar Bakrun.

Bakrun mengatakan proses pelaksanaan UN susulan di lima daerah tersebut akan menunggu keputusan dari BSNP. Sementara itu, Bakrun mengatakan UN tetap dilaksanakan sesuai jadwal di luar 5 daerah tersebut.

Bakrun mengatakan selama masa pandemi corona, sekolah peserta UN diharapkan melakukan tindakan antisipasi penyebaran virus corona.

Pelaksanaan UN harus merujuk pada Surat Edaran Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan serta surat edaran terkait pencegahan virus corona dari pemerintah daerah masing-masing.

“Sesuai dengan surat Mendikbud dan surat masing-masing kepala daerah,” ucap Bakrun.

Seperti diketahui, UN tahun 2020 akan dimulai pertama kali di jenjang SMK pada tanggal 16-19 Maret 2020. Adapun jadwalnya sebagai berikut:

BACA JUGA :  Status KLB Corona Ditetapkan di Solo, Siswa SD-SMP Diliburkan

1. UN SMK/MAK pada tanggal 16-19 Maret 2020.

2. UN SMA/MA Sederajat pada tanggal 30 Maret-2 April.

3. UN Pendidikan Kesetaraan Program Paket C/Ulya pada tanggal 4-7 April 2020.

4. UN SMP/MTs pada tanggal 20-23 April 2020.

5. UN Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha pada tanggal 2-4 Mei 2020.

(dtc/has)

1,212 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *