Jaga Kamtibmas, Polres Padanglawas Gelar Apel Satkamling

Apel Satkamling
Polres Padanglawas menggelar apel Satkamling, Rabu (21/6).
Apel Satkamling
Polres Padanglawas menggelar apel Satkamling, Rabu (21/6).

Asaberita.com, Padanglawas — Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Polres Padanglawas (Palas) menggelar apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Mapolres Palas, Rabu (21/6/2023). Dalam apel itu Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi bertindaķ sebagai pimpinan apel (Kasatkamling).

Hadir pada apel Kasatkamling tahun 2023, Plt Bupati Palas H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Forkopimda, Pimpinan OPD, PJU Polres Palas, Ketua PAMK H Pauzan Hamidy Hasibuan.

Bacaan Lainnya

Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada awak Satkamling yang telah ikut serta membantu tugas Polri dalam menjaga kamtibmas.

“Ini merupakan wujud nyata peran serta dan kepedulian masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif,” ucap Kapolres.

Disampaikan, Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharap mampu menjadi peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

BACA JUGA :  Ulama Asal Gaza Palestina, Safari Dakwah di Masjid Nurul Ikhlas Ikpos

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran satkamling itu sendiri, karena awak satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili.

“Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama,” kata Kapolres.

Kapolres berharap agar awak satkamling senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.

“Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” harap Kapolres.

Usai apel, Kasatkamling, pemberian penghargaan kepada dua desa terbaik yaitu Lingkungan Dua Kelurahan Pasar Sibuhuan dan Desa Tanjung Botung, Kecamatan Barumun.

Usai gelar apel, Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) berpesan kepada seluruh Ketua Satkamling agar meningkatkan giat siskamling di wilayah masing-masing.

BACA JUGA :  Tahlilan Malam Ketiga Almarhum H Anif, Ijeck Sampaikan Terima Kasih ke Semua Pihak yang Membantu

“Dengan adanya Siskamling ini masyarakat dapat memiliki daya tangkal dan daya cegah yang handal dalam menanggulangi dan mencegah adanya gangguan kamtibmas, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” pesan AZP.

Ia menambahkan, terwujudnya situasi kamtibmas aman tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat.

“Kamtibmas yang aman dan kondusif tidak hanya ditangani atau menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja, melainkan menjadi kewajiban bersama baik aparat maupun masyarakat itu sendiri,” ujarnya. (red/gar)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *