Jumlah Hewan Kurban di Masjid Istiqlal Turun

Masjid Istiqlal Jakarta. (foto/msj)

Asaberita.com – Jakarta – Masjid Istiqlal baru akan memotong hewan kurban besok Sabtu (01/08/2020). Seperti Idul Adha sebelumnya, Masjid Istiqlal menerima hewan kurban dari sejumlah pejabat negara, termasuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pemotongan besok tanggal 1 Agustus dimulai pukul 8 pagi,” kata Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi Jumat (31/7/2020)

Abu menyebut hingga pukul 11.30 WIB sudah ada 21 sapi dan 15 kambing di Masjid Istiqlal. Menurutnya, jumlah hewan kurban sapi tahun ini mengalami penurunan.

“Menurun. Kira-kira 10-20 persenlah. Sementara sampai detik ini sapi 21, kambing 15,” kata Abu.
Selain itu, Abu mengatakan sapi yang diberikan Presiden Jokowi tiba di Istiqlal kemarin. Dia mengatakan sapi itu adalah peranakan Ongole (PO) yang memiliki berat lebih dari 1 ton. Jenisnya PO, peranakan Ongole. Untuk punya Pak Presiden 1 ton lebih ya,” ujar Abu.

Selain sapi dari Presiden Jokowi, Abu menyebut ada sapi dari pejabat lainnya yang diberikan ke Masjid Istiqlal. Beberapa di antaranya dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Kapolri Idham Aziz, serta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA :  Kinerja Kementerian Jalan Di Tempat, PAN Minta Jokowi Lebih Tegas

“Jadi, selain dari Presiden, dari Wakil Presiden ada tentunya, Menteri Agama pasti, ada Mensesneg, ada Menhub, MenPAN, ada Kapolri, ada Ibu Megawati, ya begitulah. Ada juga ini bukan pejabat, ada pengusaha, atau dari perusahaan, ada yang dari pribadi juga ada,” ungkap Abu.

Nantinya, Abu mengatakan, daging kurban akan didistribusikan kepada warga yang telah terdata. Menurutnya, pendistribusian juga akan dilakukan dengan kantong plastik ramah lingkungan.

“Distribusi seperti tahun sebelumnya. Pertama, yang jelas media yang kami pakai untuk mendistribusikannya itu plastik ramah lingkungan. Jadi plastik itu terbuat dari bahan bambu, kemudian cepat larut dia, cepat terurai,” ujar Abu.
“Kemudian didistribusikan ke mana? Yang paling kami utamakan adalah tetangga dulu, warga-warga yang bertetangga langsung dengan Istiqlal yang sebelumnya kami sudah data,” imbuhnya.

BACA JUGA :  PB IDI Menepis Chloroquine Phosphate Bisa Menjadi Obat Virus Corona

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

“Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak,” kata Fachrul dalam siaran pers yang dipublikasikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/7). ** msj

354 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *