Ketua Komisi II DPR RI Doli Kurnia Tanjung Silaturrahmi ke Tuan Guru Batak

Doli Kurnia Tanjung
Ketua Komisi II DPR RI Doli Kurnia Tanjung Silaturrahmi ke Tuan Guru Batak
Doli Kurnia Tanjung
Ketua Komisi II DPR RI Doli Kurnia Tanjung Silaturrahmi ke Tuan Guru Batak

Asaberita.com, Simalungun — Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA menerima silaturrahmi Ketua Komisi II DPR RI Bapak Dr H Doli Kurnia Tanjung di pondok persulukan Serambi Babussalam Simalungun.

Ketua Komisi II ini sengaja datang, karena tidak dapat menghadiri acara haul ke 14 Tuan Guru Batak Syekh Abdurrahman Rajagukguk, Tuan Guru pertama Serambi Babussalam Simalungun. Sebab beliau selalu hadir setiap tahunnya acara haul tersebut.

Bacaan Lainnya

“Setiap tahun saya selalu hadir, pada acara Haul Tuan Guru Batak Syekh Abdurrahman Rajagukguk ini, namun karena kali ini saya tidak bisa hadir. Maka saya datang lebih awal,” ungkap Doli yang juga Ketua Presidum KAHMI Nasional, beberapa waktu lalu.

Haul ke-14 Tuan Guru Batak (TGB) Al-‘Arif Billah Syekh H Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsyabandiyah QS, digelar di Pondok Persulukan Serambi Babussalam Nagori Jawa Tongah Kecamatan Hatonduhan, Simalungun, Sumut, Sabtu (26/8/2023) lalu.

Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi, serta sejumlah pejabat dan tokoh menghadiri Haul ke-14 yang di rangkai dengan Silaturrahmi Kebangsaan, mengusung tema “Peran Ulama dan Tokoh Agama dalam Membangun Harmoni, Keakraban Sosial dan Mencegah Politik Polarisasi”.

Kegiatan Haul ini biasanya dihadiri tokoh-tokoh penting setingkat provinsi seperti Gubernur dan Kapolda serta tokoh nasional, namun karena Presiden Jokowi hadir pada hari yang sama di Kota Medan, sehingga Gubernur berhalangan hadir.

BACA JUGA :  Dihadiri Puluhan Ribu Masyarakat, Tuan Guru Batak Pimpin Doa Kebangsaan HUT ke 48 PT Inalum
Doli Kurnia Tanjung
Ketua Komisi II DPR RI Doli Kurnia Tanjung Silaturrahmi ke Tuan Guru Batak

Wakil Bupati H Zonny Waldi menyampaikan atas nama Pemkab Simalungun sangat berbesar hati, penuh suka cita bisa hadir di acara ini, untuk mengenang kembali perjuangan Tuan Guru Syekh Abdurrahman Rajaguguk. “Dengan segala suka citanya, liku-likunya, tetapi beliau bisa mengembangkan pondok persulukan ini,” kata Wakil Bupati.

“Kita berharap kepada yang hadir dan yang tidak bisa hadir, semoga kita bisa melanjutkan cita-cita beliau yang mulia ini. Dan kita berharap karomah beliau bisa memberikan energi positif bagi kita untuk mewujudkan pengabdian kita sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing,” kata Wakil Bupati.

Disampaikan Wakil Bupati, Pondok ini mempunyai ciri khasnya, merajut harmoni bangsa. “Tidak ada ajaran disini itu yang aneh aneh, terus tegak lurus ‘hablum minallah’ dan sekaligus ‘hablum minannas’-nya disini nampak sekali, semoga cita-cita beliau berlanjut di pondok persulukan ini,” ujarnya.

Selanjutnya Wakil Bupati mengatakan bahwa, saat ini kita berada di tahun politik, untuk itu mari tetap menjaga kondusifitas daerah Simalungun. “Baju dan partai boleh beda tapi persatuan dan kesatuan harus tetap kita pelihara dengan baik untuk mewujudkan Simalungun yang sejahtera, Sumut bermartabat, Indonesia Maju,” kata Wakil Bupati.

Sementara itu, TGB Syekh H Ahmad Sabban elRahmaniy Rajaguguk dalam sambutannya antara lain menyampaikan kisah perjalanan kehidupan orang tuanya Al-‘Arif Billah Syekh H Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsyabandiyah QS dalam melaksanakan ajaran agama, menjalin hubungan kemanusiaan, beragama dan berbangsa.

“Warisan ke ulama-an beliau ada dua, pertama mencerdaskan spiritual, mengajarkan orang dekat ke Tuhan, mengajarkan moralitas dan memperbaiki akhlak. Yang kedua adalah menjaga sisi kemanusiaan, menjaga ukhuwah wathoniyah kebangsaan,” kata TGB.

BACA JUGA :  Sumut dapat Peringkat Kurang Informatif, Kinerja Kadiskominfo Dipertanyakan

“Secara tidak langsung tugas ulama itu dua, mencerdaskan spiritual dan merekatkan anak bangsa,” sambung TGB sembari menyapa para tamu dan undangan yang hadir.

Sebelumnya, Wakil Bupati melaksanakan shalat Zhuhur berjamaah bersama TGB dan para tamu serta undangan lainnya di Masjid Syekh Abdurrahman Rajaguguk.

Dalam Haul tersebut juga dilaksankan tepung tawar kepada enam khalifah yang akan berangkat melakukan ibadah umroh di tanah suci Makkah, serta pemberian santunan kepada 100 orang kaum dhuafa dan anak yatim.

Tampak hadir antara lain Walikota Siantar (diwakili), Walikota Tanjung Balai (diwakili), Bupati Labura (diwakili Sekda), Anggota DPRD Sumut Gusmiyadi dan Iskandar Sinaga, Kakankemenag Simalungun, Ketua KAHMI Sumut H Rusdi Lubis.

Hadir juga Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung, Kapolres Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, H Khairuddin Syah Sitorus (Bupati Labura 2010-2015 dan 2016-2021), Danrem 022/PT diwakili Mayor Inf. Fahrul Muhadi (Pasiter), Dandim 0207/Sml diwakili Kapten Inf M Sinaga (Danramil 10/TJ).

Anggota DPRD Simalungun Bona Uli Rajagugu dan Juarsa Siagian, Danyon 122/TS diwakili Letda Inf YM Ritonga, sejumlah pejabat tinggi pratama dan administrator di lingkungan Pemkab Simalungun serta undangan lainnya. (red/bs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *