Lacak Jaringan Alumni, UINSU Gelar Workshop Tracer Study

FOTO BERSAMA : Peserta tracer study UINSU berfoto bewrsama dengan Wakil Rektor III Prof Dr Katimin MAg. (msj)
FOTO BERSAMA : 35 peserta tracer study UINSU berfoto bersama dengan Wakil Rektor III Prof Dr Katimin MAg dan Wakil Rektor II Dr Abror M Daud MA. (msj)

Asaberita.com – Medan – Guna melacak jaringan alumni, pekerjaan alumni sekaligus meningkatkan peringkat akreditasi unggul, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar kegiatan workshop tracer study, di Berastagi Cottage, Kota Berastagi, Kabupaten Karo, tanggal 03-05 Juli 2024.

“Salah satu tujuan kegiatan tracer study ini, untuk dapat menjaga hubungan dengan alumni, yang bisa bermanfaat untuk membangun jaringan profesional. Yang terpenting lagi melacak jaringan alumni di mana alumni bekerja sekarang,” kata Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati diwakili Wakil Rektor III UINSU Prof Dr Katimin MAg dalam sambutannya saat membuka kegiatan workshop tracer study UINSU, di Berastagi Cottage, Rabu malam (03//07/2024).

Turut hadir dalam pembukaan workshop tracer study itu, Wakil Rektor II UINSU Dr Abror M Daud MA, Kabiro AAKK Drs Ibnu Sa’dan MA, para Wakil Dekan III di lingkungan UINSU Medan dan 35 peserta yang dipersiapkan menjadi operator tracer study di fakultas masing-masing.

BACA JUGA :  Dies Natalis ke-70, USU Berkomitmen Terus Cetak SDM Unggul

Prof Katimin mengungkapkan tracer study jika dilihat bdari pendekatan metode penelitian yang digunakan, untuk melacak jejak alumni ribuan alumni setelah lulus. Tracer study dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang alumni, seperti pekerjaan saat ini, jenjang karir, tingkat kepuasan terhadap pendidikan yang diterima, dan relevansi pendidikan dengan pekerjaan mereka.

“Yang terpenting lagi dari kegiatan inim, memastikan pendidikan yang diberikan relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan dapat meningkatkan kesesuaian antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan industri,” kata Prof Katimin.

Mewakili Panitia Workshop Tracer Study Yunni Salma Nasution MM dalam sambutannya mengatakan tracer study dapat membantu dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan kerja lulusan, sehingga perguruan tinggi dapat mengembangkan strategi untuk meningkatkan employability lulusan UINSU.

Ia menjelaskan, melalui tracer study ini, UINSU dapat menjaga hubungan dengan alumni, yang bisa bermanfaat untuk membangun jaringan yang lebih bauik sekaligus mendukung akreditas UINSU yang dalam beberapa minggu ke depan UINSU menghadapi assesor dari BAN-PT.

BACA JUGA :  TLI Paramadina dan UINSU Latih Duta Internet Sehat Anti Ekstremisme
Kepala Pustipada UINSU M Ikhsan ST M.Kom (kanan) sebagai nara sumber tracer study.

Kepala Pustipada UINSU M Ikhsan ST, M.Kom sebagai nara sumber pada tracer study memperkenalkan aplikasi baru tracer study yang akan dilaunching dalam waktu tidak lama lagi. Dia menyebutkan, data dari tracer study sering digunakan sebagai salah satu indikator dalam proses akreditasi perguruan tinggi, sedkaligus meningkatkan peringkat nasional dan internasional.

“Feedback yang ada setelah alumni mengisi form yang disediakan, sangat berharga bagi UINSU, layanan mahasiswa, fasilitas kampus, dan pengalaman akademik secara keseluruhan, yang dapat digunakan untuk peningkatan layanan kampus agar lebih baik,” katanya. ** msj

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *