Maju Sebagai Calon Walikota, Rahudman Harahap Diharapkan Benahi Medan Menjadi Kota Bermartabat

Rahudman Diharap Benahi Medan
Mantan Walikota Medan Rahudman Harahap terlihat akrab bersama sahabatnya akademisi dari USU Roy Fachraby Ginting. (Foto: istimewa)

Asaberita.com, Medan — Pencalonan mantan Walikota Medan, Drs. H. Rahudman Harahap, MM, yang maju sebagai bakal calon Walikota Medan tahun 2024, diharapkan dapat kembali membenahi dan memperbaiki Medan sebagai kota yang bermartabat, aman, nyaman, serta menjadi rumah besar bagi semua kaum di kota metropolitan tersebut.

Harapan ini disampaikan oleh akademisi Universitas Sumatera Utara (USU), Roy Fachraby Ginting, kepada wartawan di Kampus USU Padang Bulan, Medan, Kamis (6/6/2024).

Bacaan Lainnya

Roy Fachraby mengungkapkan bahwa pencalonan Rahudman Harahap sebagai calon Walikota Medan juga merupakan bentuk pemulihan nama baik dan harkat martabat beliau, yang selama ini dirugikan secara hukum. Hal ini sesuai dengan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat Nomor: Print-458/M.1.0/Fu.1/05/2021 tanggal 31 Mei 2021, yang melaksanakan putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung RI Nomor: 341PK/Pid.Sus/2019 tanggal 27 Mei 2021 atas nama Rahudman Harahap.

Dimana, dalam amar putusan Mahkamah Agung itu menyatakan bahwa perbuatan yang didakwakan kepada Rahudman Harahap bukan merupakan tindak pidana dan melepaskan Rahudman dari segala tuntutan hukum. “Menyatakan bahwa terpidana Rahudman Harahap bahwa perbuatan yang didakwakan kepadanya bukan tindak pidana. Melepaskan terpidana dari segala tuntutan hukum,” demikian bunyi putusan PK Mahkamah Agung RI.

BACA JUGA :  Rahudman Nyatakan akan Lindungi Pelaku UMKM yang Mendapat Perlakuan Tidak Adil

Roy Fachraby Ginting, yang juga seorang praktisi hukum di Universitas Sumatera Utara ini menyatakan, putusan tersebut menegaskan bahwa Rahudman Harahap tidak melakukan pelanggaran hukum dan dinyatakan bebas murni dalam kasus Centre Point Medan, nama baik, harkat martabat dan hak politiknya dipulihkan.

Maka itu, pencalonan Rahudman Harahap sebagai Walikota Medan dipandang tepat. Sebab Rahudman dikenal memiliki karakter tegas, keras dan berani, namun tetap manusiawi. Dengan karakter tersebut, dia dinilai mampu membenahi kondisi fisik Kota Medan yang masih menghadapi berbagai masalah seperti kemacetan, banjir saat hujan, serta tingkat kerawanan dan keamanan yang tinggi.

“Sifat dan gaya kepemimpinan Rahudman yang tegas, keras dan berani namun tetap manusiawi dan mengayomi itu sangat cocok untuk memimpin kembali Kota Medan selama lima tahun ke depan,” ujar Roy Fachraby.

Rahudman Diharap Benahi Medan
Akademisi dan praktisi hukum dari Universitas Sumatera Utara (USU), Roy Fachraby Ginting. (Foto: istimewa)

Roy Fachraby mengatakan bahwa Rahudman Harahap telah membuktikan kinerjanya saat beliau memimpin Kota Medan priode 2010 – 2014 lalu. Berkat kepiauan beliau, arus lalu lintas di Kota Medan lancar, banjir bisa dikendalikan, kondisi ketertiban dan keamanan terkendali, kondisi kota bersih dan pasar-pasar tradisional tertata sehingga Medan berhasil meraih predikat Kota ADIPURA selama 3 tahun berturut-turut.

“Saat ini kondisi fisik Kota Medan sudah nyaris amburadul, keamanan juga cukup rawan terutama begal yang sangat meresahkan masyarakat. Ini butuh perbaikan dan perhatian serius. Sosok pemimpin kuat dan tegas seperti Rahudman Harahap sangat dibutuhkan kembali memimpin dan membenahi kota ini,” tegas Roy Fachraby.

BACA JUGA :  Para Disabilitas Unjuk Kebolehan di Acara Puncak HKSN ke-65 Sumut

Maka itu, sebut Roy, sangatlah tepat bila Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai partai pemenang Pemilu Legislatif 2024, mendukung serta mengusung Rahudman Harahap maju sebagai calon Walikota Medan pada Pilkada Medan 2024.

Kepemimpinan Rahudman di masa depan, juga diharapkan dapat membenahi aparatur pemerintahan dan meningkatkan disiplin dalam memberikan pelayanan kepada warga. Pengawasan pembangunan dalam segala aspek juga diharapkan berjalan sebagaimana mestinya. Roy Fachraby Ginting menegaskan bahwa di bawah kepemimpinan Rahudman Harahap, banyak hal positif dapat dicapai karena karakter kepemimpinannya yang tegas dan keras, namun tetap manusiawi.

“Kami percaya di tangan dingin kepemimpinan Rahudman Harahap, Kota Medan akan menjadi lebih baik,” kata Roy Fachraby Ginting. (red/bs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *