Masjid Basyariah Langkat: Simbol Pemberdayaan Ekonomi dan Spiritual Masyarakat

Mesjid Basyariah Langkat
Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berjalan kaki ke lokasi peresmian Masjid Basyariah di Lingkungan VI Pamah, Kel. Pekan Selesai Kab. Langkat, Senin (10/6). (Foto: Doc. Diskominfo Provsu)

Asaberita.com, Langkat — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meresmikan Masjid Basyariah di Desa Seilimbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat. Masjid ini diharapkan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial ekonomi yang memajukan masyarakat setempat.

“Masjid Basyariah bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penyaluran zakat, infaq, sedekah, dan gerakan ekonomi umat lainnya. Dengan pengelolaan yang baik, masjid dapat memakmurkan masyarakat sekitarnya,” ujar Hassanudin saat meresmikan masjid tersebut dengan pengguntingan pita dan salat berjemaah, Senin (10/6).

Bacaan Lainnya

Hassanudin menekankan pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya umat untuk menciptakan masyarakat yang religius dan produktif. Pembangunan di bidang keagamaan, menurutnya, adalah kunci untuk mencapai keseimbangan hidup lahiriyah dan batiniyah.

BACA JUGA :  Pemprov Sumut Buka Seleksi Beasiswa Tugas Belajar Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis

“Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan Rajali yang telah mewakafkan harta dan pikirannya sehingga masjid ini dapat berdiri megah. Semoga Allah SWT membalas kebaikan ini dengan pahala yang berlimpah,” tambah Hassanudin.

Peresmian Masjid Basyariah juga dihadiri oleh Pj Ketua Tim PKK Sumut Dessy Hassanudin, Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Rajali, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Basarin Yunus Tanjung, serta tokoh masyarakat setempat.

Rajali, yang juga merupakan pewakaf masjid dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, menyampaikan bahwa pembangunan masjid ini merupakan amanah dari orangtuanya. Masjid ini diberi nama Basyariah, sesuai dengan nama ibunya, dan didirikan untuk memenuhi kebutuhan ibadah masyarakat yang sebelumnya harus menempuh jarak jauh ke masjid lain.

“Ini adalah amanah dari ibu saya. Dulu pesan beliau, jika punya rezeki berlebih, bangunlah masjid. Alhamdulillah, masjid ini kini berdiri dan dapat memudahkan masyarakat sekitar untuk beribadah,” ujar Rajali.

BACA JUGA :  Fatoni Pastikan 100% Dana Hibah Untuk Pilkada di Sumut Tersalurkan, Mendagri Berikan Pujian

Peresmian masjid ini juga dirayakan dengan tarian Gambus yang menggembirakan Pj Gubernur Sumut dan tokoh-tokoh muslim lainnya. Selain itu, Pj Gubernur Sumut juga memberikan santunan kepada anak yatim, bantuan sembako, dan bibit pohon kepada petani setempat.

“Semoga Masjid Basyariah membawa berkah dan manfaat maksimal bagi masyarakat. Kita harapkan masjid ini juga mampu melahirkan generasi yang berilmu dan beriman,” tutup Rajali. (red/bs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *