Ormas Islam Rekomendasi Cawalkot Medan, Aswan Jaya: Ikuti Aturan yang Berlaku

Asaberita.com-Medan – Terkait rekomendasi sejumlah Ormas Islam yang mengajukan 6 nama calon Walikota Medan ke PDI Perjuangan, Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI Perjuangan Sumut Dr. Aswan Jaya menilai hal tersebut wajar dan bagus untuk iklim demokrasi di Sumut khususnya Medan.

Menurut Aswan Jaya, inisiatif ormas-ormas Islam mengusulkan 6 nama sebagai bakal calon di Pilkada Kota Medan merupakan bentuk partisipasi politik masyarakat. Hal ini harus dipahami juga sebagai pertanda positif bahwa demokrasi terbuka saat ini telah memberikan efek pendidikan politik yang lebih dewasa. Namun demikian, proses politik dalam pemilihan kepala daerah sudah di atur dalam undang-undang.

“Hanya ada dua jalur untuk bisa ikut kontestasi dalam pilkada langsung, yaitu, jalur partai politik dan independen,” ujar Aswan dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (29/1) di Medan.

BACA JUGA :  Gerakan Save Babi Jangan Dipelesetkan dan Digiring ke SARA

Selanjutnya Aswan mengatakan, bila ormas-ormas tersebut menginginkan tokoh-tokohnya di calonkan oleh partai politik, maka masih ada kesempatan untuk melakukan komunikasi politik kepada pimpinan partai politik. Ikutilah mekanisme yang sudah ditetapkan oleh masing-masing partai politik.

“Jalur independen juga masih punya waktu, segera saja ormas-ormas tersebut membuktikan dirinya memiliki anggota yang banyak dan membawa jagoannya maju melalui jalur independen,” jelas Aswan yang juga pendiri Aswaja Institut.

Aswan kemudian mengingatkan agar ormas-ormas Islam sebaiknya tidak terjebak dan masuk kembali dalam polarisasi politik identitas dengan semangat pecah belah, karena yang demikian sama sekali tidak memberikan edukasi politik yang baik.

“Politik itu bersifat periodik, perlima tahunan berganti, koalisi politiknya juga sering dinamis. Oleh karena itu,¬† para tokoh Islam dan ormas-ormas Islam janganlah mempolarisasi politik periodik ini ke arah permusuhan antar masyarakat yang bersifat permanen,” pungkas sosok yang di kenal sebagai Aktivis 98 ini.

BACA JUGA :  Debat Perdana, Bobby - Aulia Buktikan Siap Pimpin Kota Medan

Seperti di ketahui, sebelumnya sejumlah Ormas Islam merekomendasikan 6 figur nama yang akan di tawarkan ke umat dalam gelaran Pilwalkot Medan 2020. Adapun ke enam nama tersebut adalah: Ustad H. Irfan Hamidy,  Ustad H. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos, SH, Ustad H. Azwir Ibnu Azizi, Ustad H. Latif Khan, S.Ag, Ustad H. Qosim Nurseha Lc,MA, Dr. Abdul Hakim Siagian, SH,M.Hum. (asa/hasan)

1,094 total views, 6 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *