Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, DPD KOMNAS WI Deliserdang akan Adakan Pelatihan Jurnalistik

KOMNAS WI
Ketua DPD KOMNAS WI Deliserdang Tumpal Manik menyampaikan rencana pelatihan jurnalistik saat ngopi bareng insan pers di sebuah kafe di Medan, Sabtu (10/6).
KOMNAS WI
Ketua DPD KOMNAS WI Deliserdang Tumpal Manik menyampaikan rencana pelatihan jurnalistik saat ngopi bareng insan pers di sebuah kafe di Medan, Sabtu (10/6).

Asaberita.com, Medan — Dewan Pimpinan Daerah Komunite Nasional Wartawan Indonesia (DPD KOMNAS WI) Kabupaten Deli Serdang, dalam waktu dekat ini akan adakan pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan skill dan profesionalisme para jurnalis di Deliserdang.

Hal itu dikatakan Ketua DPD KOMNAS WI Kabupaten Deliserdang, Tumpal Manik, saat ngopi bareng dengan para jurnalis di Cafe Kum-kum di Jalan Teladan, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sabtu (10/6/2023).

Bacaan Lainnya

Tumpal menyampaikan bahwa KOMNAS WI adalah sebuah organisasi jurnalis profesional, sebagai wadah berhimpunnya para jurnalis, berkomitmen untuk menciptakan insan-insan pers yang handal dan profesional, yang taat dan mempedomani UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam setiap menjalankan tugas jurnalistiknya.

“Pelatihan jurnalistik ini merupakan program pelatihan perdana yang digelar sejak KOMNAS WI terbentuk di Deliserdang. Kami berharap rekan-rekan jurnalis bisa ambil bagian dalam pelatihan ini. Kami akan menghadirkan tutor-tutor yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik,” ucap Tumpal.

BACA JUGA :  Dapat Dukungan, Hermansjah Deklarasikan Diri sebagai Ketua PWI Sumut 2020-2025

KOMNAS WI Deliserdang, lanjut Tumpal, dalam menggelar pelatihan ini akan bekerjasama dengan Dinas ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Deliserdang.

“Pada Jumat (9/6) kemarin, kita sudah melakukan audiensi ke Kantor Dinas Kominfo Deliserdang untuk menyampaikan rencana kegiatan pelatihan ini,” jelas Tumpal.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik ini sangat perlu dilakukan bagi insan pers untuk meningkatkan profesionalisme wartawan dan meningkatkan kualitas pemberitaan di Kabupaten Deliserdang.

“Melalui pelatihan ini, kita bekali rekan-rekan pers di Deliserdang supaya semakin kredibel, mempunyai kapasitas dan kompetensi. Agar tidak lagi di cap wartawan yang hanya mencari uang, bukan mencari berita, atau hanya mengcopy paste rilis berita, tanpa menyertakan sumber aslinya,” terangnya.

Selain itu, Tumpal juga mengajak wartawan di Deliserdang yang belum bergabung dalam organisasi pers, untuk bergabung di KOMNAS WI Deliserdang.

“Melalui program-program yang telah dirancang di KOMNAS WI, rekan-rekan wartawan akan diberikan penambahan wawasan dan diasah kemampuan dalam menulis berita yang baik. Intinya, kita ingin menciptakan wartawan-wartawan yang profesional dan kompeten,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Profesionalisme Guru, Dinas Pendidikan Deliserdang adakan Penguatan Kompetensi dan Outbond

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang, Christina Helen Siagian S.Sos, secara terpisah, Sabtu (10/6), membenarkan bahwa pihaknya telah menerima audiensi pengurus KOMNAS WI Deliserdang.

Christina menyampaikan pihaknya terlebih dahulu akan mempelajari program kerjasama yang ditawarkan KOMNAS WI Deliserdang sesuai regulasi yang ada di dinas, terutama dalam pelatihan jurnalistik yang akan diadakan.

Namun pada dasarnya, kata Christina, Kominfo Deliserdang menyambut baik kegiatan itu untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi wartawan selaku mitra pemerintah dalam hal pemberitan. (red/wie)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *