Venue PON XXI di Sumut Siap Digunakan Agustus, Persiapan Makin Intensif

Sport Center
Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, bersama PB PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut dan Ketua KONI se-Indonesia meninjau venue yang akan digunakan untuk PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut di Sumut Sport Centre, Desa Sena dan Sport Centre Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar/Pancing, Kabupaten Deliserdang, Selasa (25/6/2024). (Foto: Doc. Diskominfo Sumut)

Asaberita.com, Deliserdang – Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumatera Utara (Sumut), Baharuddin Siagian, memastikan bahwa venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumut akan siap digunakan pada Agustus 2024. Pengerjaan seluruh venue pun terus dikebut untuk memastikan target tersebut tercapai.

“Agustus sudah bisa digunakan, nantinya juga akan ada tes event sebelum PON dimulai,” ujar Baharuddin setelah meninjau venue PON XXI bersama perwakilan kontingen se-Indonesia di Kawasan Sport Centre, Desa Sena, Deliserdang, Selasa (25/6).

Bacaan Lainnya

Dalam peninjauan tersebut, rombongan mengunjungi sport center di Desa Sena dan kawasan Sport Centre Dispora Sumut di Jalan Pancing, Deliserdang. Dengan luas sekitar 300 hektare, sport center di Desa Sena dilengkapi dengan stadion utama, stadion madya atletik, gelanggang martial art, sirkuit motorcross, dan venue voli.

BACA JUGA :  Sumut Pastikan PON XXI 2024 Berjalan Lancar: Fokus pada Sinergi dan Persiapan Venue

Baharuddin mengungkapkan bahwa tribun stadion utama telah selesai, dengan fokus pengerjaan saat ini pada bagian atap.

“Pengerjaan ini berjalan tiga shift, pagi, sore, dan malam, dengan menggunakan lima crane. Jadi, kami optimis bisa selesai dengan cepat,” jelasnya.

Yang menarik, stadion madya atletik di Sumut Sport Centre memiliki 8 lintasan tanding dan 8 lintasan pemanasan. Stadion ini menjadi satu-satunya di Indonesia dengan konfigurasi tersebut, dan sudah selesai dibangun pada Desember 2023.

Di kawasan Sport Centre Dispora Sumut seluas 25 hektare, terdapat wisma atlet, gedung serbaguna, stadion futsal, arena bowling, dan sirkuit multifungsi.

PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan akan dibuka pada 8 September 2024 di Aceh dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut. Sesuai arahan Presiden, acara ini akan berlangsung tepat waktu.

BACA JUGA :  Masyarakat Sumut Antusias Menjadi Relawan PON XXI

“Semua mesti kita kebut, tapi karena sejauh ini tidak ada kendala, kita yakin semuanya akan tepat waktu,” tambah Baharuddin.

Secara terpisah, Ketua Harian PB PON Sumut, Afifi Lubis, menyampaikan bahwa progres pembangunan venue telah mencapai 80% dan tidak ada kendala berarti.

“Proses pembangunan venue sejauh ini sudah 80%, dan tidak ada kendala. Kami optimis ini akan selesai tepat waktu,” kata Afifi. (red/bs)

 

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *