Camat Padang Tualang, Kades dan Sekdes di Langkat Terjaring OTT Polda Sumut

Saber Pungli Polda Sumut
Sejumlah barang bukti yang disita tim Saber Pungli Polda Sumut dari OTT Kades dan Sekdes Besilam, Langkat.

Asaberita.com, Stabat – Camat Padang Tualang bersama Kepala Desa (Kades) Besilam dan Sekdesnya, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) Polda Sumut bekerja sama dengan Pemprov Sumut.

Informasi yang diperoleh, tim Saber Pungli Polda Sumut awalnya melakukan OTT terhadap Kades Besilam Ibnu Nasib (51) dan Sekdesnya Zainuddin (34) pada Jumat siang (23/7/2021) atas dugaan telah melakukan pungli, di sebuah cafe di kawasan Kota Binjai, Sumatera Utara.

Setelah dilakukan pendalaman dari kedua tersangka, tim Saber Pungli Polda Sumut yang dipimpin Wadir Reskrimsus Poldasu AKBP Patar Silalahi SIK dan AKBP Indra Uta Ritonga, kemudian melakukan penangkapan terhadap Camat Padang Tualang, H Ramlan Efendi Lubis.

BACA JUGA :  Polisi Gagalkan Pengiriman 2 Juta Pil Koplo Lewat Ekspedisi

Pungli Toke Sere Wangi

Keterangan yang dihimpun di lapangan, ketiga tersangka yang terjaring OTT (camat, kades dan sekdes) diamankan petugas karena diduga telah melakukan pemerasan terhadap toke Sere Wangi.

nst

Dari OTT yang dilakukan, selain mengamankan para tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti, diantaranya kwitansi berikut uang sebesar Rp33.900.000, serta surat pelepasan sertifikat tanah.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi yang dikonfirmasi awak media, membenarkan OTT tetsebut. “Ya betul, saat ini sedang didalami oleh tim Saber Pungli Polda Sumut, kerjasama dengan Saber Pungli dari Provinsi,” kata Hadi Wahyudi, Sabtu (24/7) siang.

Dia mengaku, ketiganya masih menjalani pemeriksaan di Polda Sumut. “Hingga kini, ketiganya masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Sumut,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jual Beli Jabatan di Probolinggo, KPK Tetapkan 22 Tersangka Termasuk Bupati dan Mantan Bupati

Sebagaimana diketahui, Polda Sumut dan Pemprov Sumut membentuk operasi Saber Pungli yang dipimpin Irwasda Polda Sumut Kombes Armia Fahmi dengan anggota dari Pemprov Sumut, Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Intelkam Polda Sumut. (red/avid)

 494 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *