Kampus UINSU di Tuntungan Bantuan IDB Bercorak Arsitektur Eropa

Kamous IV UINSU Medan di Tuntungan menelan biaya ratusan miliar rupiah bantuan IDB. (foto/msj)

Asaberita.com – Deliserdang –  Kampus IV UINSU Medan yang berlokasi di Lapangan Golf Desa Tuntungan II Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, terlihat megah dan mewah. Arsitektur bangunan terlihat bercorak bangunan Eropa dan Timur Tengah. Tahun Akademik 2020/2021 ini sudah siap menampung mahasiswa baru mulai 1 September.

Pantauan Asaberita.com, Rabu (15/07/2020), tahap akhir penyelesaian sudah terlihat. Tampak sejumlah pekerja sedang melakukan aktivitas pekerjaan. Kampus UINSU yang menelan anggaran ratusan miliar rupiah tersebut berasal dari dana hibah Islamic Development Bank (IDB) dengan corak bangunan bergaya Eropa dan Timur Tengah ini, tampak eksotik dan menjadi bangunan termegah di tengah perkampungan masyarakat.

Sejumlah warga yang tinggal di kawasan kampus tersebut, mengaku senang dan bangs dari keberadaan Kampus UINSU di Tuntungan. “Kami masyarakat sekitar sangat berterimakasih atas adanya Kampus di kampung ini, karena ekonomi pasti jalan, jualan pun enak, rumah kost pasti dicari mahasiswa yang di luar Kota Medan,” kata Br Tarigan yang berjualan jajanan kepada wartawan, kemarin.

Tak hanya itu, sopir angkot sekitar kampus juga bernasib sama menyambut gembira kehadiran Kampus IV UINSU, sebab membawa berkah di saat penumpang berkurang. “Senang kali kami, ada Kampus baru di sini, apalagi kampus ini besar dan mewah, otomatis banyak mahasiswa yang dari Medan kuliah di sini, apalagi penumpang arah ke Kota Medan sepi, jadi dengan adanya Kampus yang baru ini, peluang rezeki buat kami para supir bang,” kata Tobing sopir Rahayu 103 yang biasa melayani rute Pancur Batu, Pancing Unimed dan UINSU Jalan Pancing.

BACA JUGA :  MRI-ACT Bantu Paket Pangan Untuk Korban Banjir Tebingtinggi

Edy Kurniawan Kadus II Desa Tuntungan II Kecamatan Pancurbatu sangat berharap agar masyarakat sekitar Kampus dapat diberdayakan. “Kami masyarakat sangat bersyukur atas hadirnya Kampus UINSU ini, karena akan mendatangkan keuntungan secara ekonomi dan saya selaku Kepala Dusun berharap kepada Pimpinan UIN, agar dapat memberdayakan masyarakat atau dipekerjakan jika Kampus sudah mulai aktif, baik sebagai tenaga security atau cleaning service,” katanya.

Kampus IV UINSU di Tuntungan berdiri di atas lahan 18 hektar, dengan tujuh gedung meliputi Gedung Rektorat dan beberapa Fakultas.

Sejauh ini, UINSU terus melakukan perubahan untuk meraih predikat sebagai kampus terbaik UIN se-Indonesia. Dalam kurun waktu empat tahun berjalan, UINSU di bawah kepemimpinan Rektor TGS Prof Dr KH Saidurrahaman MAg berkembang pesat. Baik dari aspek akademik, jumlah mahasiswa terbanyak dalam sejarah UIN (IAIN sebelumnya–red), bahkan bangunan infrastruktur kampus yang representatif.

Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman mengatakan, UINSU terus melakukan perubahan dan mendorong para staf pengajar untuk terus mengasah kemampuan kompetensi serta beradaptasi dengan perkembangan global, baik Ilmu dan teknologi, guna menyongsong revolusi industri 4.0 sebagai tantangan masa mendatang.

Dia mengatakan, salah satu indikator kesiapan UINSU menyongsong era modernisasi, pembangunan Kampus IV UINSU di Tuntungan sebagai bukti komitmen rektor mewujudkan visi UINSU, sebagai Kampus berskala internasional.

“Mimpi besar civitas akademika UINSU, adalah membawa kampus ini menjadi Kampus berkelas, World Class University.  Inilah obsesi dan cita-cita seluruh warga kampus, perpaduan kecerdasan akademik berbanding lurus dengan kecerdasan spiritual sebagai implementasi insan akademis yang mengabdi pada kemajuan Bangsa dan Negara,” kata Prof Saidurrahman.

BACA JUGA :  Bekali Keahlian Pemuda, KIRAB Medan Adakan Pelatihan TTG Bidang Barbeshop

Terobosan dan capaian prestasi di era kepemimpinan Rektor Prof Saidurrahaman, direspon positif para alumni. Bahkan alumni mengapresiasi kerja keras Rektor selama empat tahun terakhir dalam meningkatkan kualitas akademik dan kesiapan infrastruktur gedung perkuliahan representatif dan mewah.

“Sebagai alumni IAINSU atau UINSU saya sangat bangga atas capaian prestasi yang sudah ditorehkan Rektor Saidurrahaman, dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini,” kata Presiden Alumni TGB Syekh Ahmad Sabban Rajagukguk.

“Prof Saidurrahman, sudah merubah paradigma warga Kampus UINSU dengan berbagai terobosan dan mempersembahkan gedung kuliah yang modern dan refresentstif, bertambahnya fakultas baru, jumlah mahasiswa terbanyak dalam sejarah IAIN, dan terpenting Kampus IV UINSU menjawab kesiapan menyongsong era kompetisi global, dan bersiap menuju Kampus berkelas internasional,” katanya.

Di akhir perbincangan, Rektor Saidurrahaman berkomitmen akan mewakafkan dirinya untuk kemajuan UINSU di masa mendatang. “Saya waqafkan diri saya untuk kemajuan UINSU, sebagai kampus kebanggaan tidak hanya umat Islam Sumatera Utara dan siap berkontribusi buat bangsa dan Negara,” katanya. ** msj

6,513 total views, 66 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *