Magister Pemikiran Politik Islam UINSU Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Ruang Kuliah Magister S2 Pemikiran Politik Islam FUSI UINSU Medan. (foto/ist)

Asaberita.com – Medan – Program Studi Magister (S2) Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam (FUSI) UIN Sumatera Utara Medan, membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2020/2021.

“Prodi Magister Pemikiran Politik Islam telah terakreditasi B oleh BAN PT dan segera mempersiapkan Akreditasi A,” kata Ketua Prodi S2 PPP FUSI Dr Wirman MA didampingi Sekretaris Prodi Solahuddin MA dalam siaran persnya yang diterima Asaberita.com, Senin malam (29/06).

Wirman menjelaskan Prodi S2 PPI hadir untuk mewadahi terbentuknya magister yang memiliki wawasan politik yang luas dan mendalam, baik politik secara umum terlebih lagi politik Islam. Peserta program akan dibekali dengan wawasan tentang filsafat politik, etika politik serta praktik politik dari masa ke masa dalam konteks dunia internaisonal secara umum dan dunia Islam Islam secara khusus.

Lebih lanjut Wirman dan Solahuddin menyebutkan, sederetan pengajar professional di bidangnya di antaranya, guru besar termasuk TGS. Prof. Dr KH Saidurrahman M.Ag (Guru Besar Siyasah Islamiyah yang juga Rektor UIN Sunatera Utara).

Selain itu ada Prof Dr H Katimin M.Ag Guru Besar Politik Islam yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara. Di bidang Filsafat Politik Islam terdapat dua orang Guru Besar yakni Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nasution, MA dan Prof. Dr H Hasan Bakti Nasution, M. Ag. Sementara untuk bidang Etika Politik akan diasuh Prof Dr H Muzakkir, MA.

BACA JUGA :  Sebabkan Penyempitan Sungai Deli, Bobby Nasution Perintahkan Pembangunan Bronjong Perumahan Taman Polonia Dihentikan

Di samping sederetan guru gesar, terdapat beberapa dosen yang memiliki kapasitas yang cukup dan berpengalaman dalam bidang politik seperti Dr Wirman MA, Dr Anang Anas Azhar MA Dr. Anwarsyah Nur MA dan lainnya.

Dia mengatakan, target utama Program Studi  Magister (S2) PPI ini untuk membentuk Magister Politik Islam dengan gelar Master Sosial (M. Sos) yang memiliki wawasan yang luas dan mendalam berskala internasional tentang literatur politik baik filsafat, sejarah, etika bahkan estetika serta memiliki kemampuan untuk aktualisasi dalam konteks lokal Indonesia.

“Karena itulah, Program Studi ini sangat terbuka dan dipandang tepat untuk diikuti oleh pemimpin daerah, kader partai politik, anggota legislatif, para pimpinan partai politik,” katanya.

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Medan Menghentikan Layanan Dokumen Kependudukan

Dia mengatakan, guna mengakomodir kesibukan para praktisi politik dan pimpinan daerah, maka Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam telah membuka kelas perkuliahan PPI S2 ini menjadi dua. Yakni, Kelas Reguler dan Non Reguler.

Dikatakan, reguler berarti tatap muka dari hari Senin sampai dengan hari Kamis selama 3 Semester, Sedangkan Non Reguler hanya pada Jum’at dan Sabtu selama 3 Semester. Adapun jadwal pembayarana dan pendaftaran Tahap II dimulai tanggal 21 Juni sampai 21  Juli 2020. Pendaftar mengisi slip pembayaran dengan Besaran Biaya Pendaftaran dan Kode Bayar di atas.

“Jika belum jelas, silahkan bertanya kepada petugas Bank BNI Syariah tentang tatacara pengisian slip pembayaran. Setelah pembayaran, akan muncul ‘username’ dan ‘password‘ pada slip pembayaran, yang akan digunakan untuk Login di Portal Pendaftaran Online pada laman website: http://www.pmb.uinsu.ac.id,” katanya. ** msj

 

2,229 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *