Mangapul Desak Gubsu Percepat Perbaiki Jalan Pematangsiantar-Seribudolok

Perbaikan Jalan Longsor
Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut Mangapul Purba

Asaberita.com – Medan – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) DPRD Sumut, Mangapul Purba, mendesak Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mempercepat perbaikan jalan lintas Pematangsiantar-Seribudolok yang sudah nyaris putus, sebelum terjadi adanya korban jiwa.

Mangapul menilai, penanganan dari pemerintah baik kabupaten maupun provinsi pada ruas jalan yang tergerus longsor di jalan provinsi yang menghubungkan Pematangsiantar-Seribudolok dan Kabanjahe ini sangat lamban.

Sebab, berdasarkan keterangan sejumlah warga yang bermukim di sekitar lokasi, ruas jalan yang hampir putus akibat tergerus longsor itu sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Namun, hingga kini belum juga ada perbaikan.

Sebagaimana keterangan salah seorang warga Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, J Sipayung pada Selasa (5/5/2020), bahwa awalnya kerusakan jalan tersebut tidak sebesar yang terlihat saat ini. Namun karena ada pembiaran dari pemerintah, maka kerusakan semakin melebar dan hampir putus. Masyarakat sekitar menjadi resah dan takut jika sewaktu-waktu jalan tersebut kembali longsor dan memakan korban.

BACA JUGA :  Mangapul Purba : Jangan Anak Tirikan Petani di Tengah Pandemi

“Udah lamanya itu bang, awalnya kecil namun karena dibiar-biarkan jadi semakin lebar. Apalagi akhir-akhir ini curah hujan tinggi semakin parah lah”, ujar J Sipayung.

Jalan Longsor

Atas kondisi ini, Mangapul Purba mengatakan bahwa sebagai anggota DPRD yang terpilih mewakili masyarakat Sumatera Utara Dapil Siantar-Simalungun, sudah menyampaikan hal ini kepada Gubsu Edy Rahmayadi dan Kadis PU Sumut.

Gubsu Edy, kata Mangapul, juga telah sepakat untuk memperbaiki jalan yang tergerus longsor itu dan memerintahkan Kadis PU untuk segera melakukan pengerjaannya.

“Sudah kita desak Gubsu Edy agar dikerjakan, dan Edy sudah setuju serta memerintahkan Kadis PU untuk mengerjakannya. Jadi kita tidak tahu apa lagi persoalan yang membuat perbaikan jalan longsor itu belum juga dikerjakan. Kalau persoalan teknis, itukan sudah urusannya Kadis PU,” sebut Mangapul kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Rabu (6/5/2020).

BACA JUGA :  Awasi Penggunaan Anggaran Penanggulangan Covid-19, DPRD Sumut Bentuk Pansus

Mangapul Perba yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut ini menegaskan, pihaknya akan terus mendesak Pemprovsu untuk segera mempercepat perbaikan jalan itu demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat Sumatera Utara khususnya Siantar-Simalungun.

“Kami berharap dalam waktu dekat sudah dikerjakan. Karena persoalan ini sudah dibicarakan dengan Gubernur dan Kadis PU serta sudah deal. Tentang teknis pengerjaan, itu urusannya Kadis PU dan mereka sudah berpengalaman. Jadi sebenarnya tidak ada lagi persoalan jalan yang rusak itu segera dikerjakan. Dan saya akan terus memantau perkembangan pengerjaan perbaikan jalan itu,“ pungkas Mangapul. (has)

311 total views, 1 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *