Massa GMPET Desak Polda Sumut Lanjutkan Penyelidikan Dugaan Korupsi BOT PDAM Tirtanadi

Unjuk rasa
Massa GMPET berunjuk rasa di depan Polda Sumut menuntut dilanjutkannya penyelidikan dugaan korupsi BOT PDAM Tirtanadi.

Asaberita.com, Medan – Belasan massa dari Gerakan Mahasiswa Peduli Transparan (GMPET) Sumatera Utara, berunjukrasa di depan Kantor DPAM Tirtanadi dan Polda Sumut, Jumat 9 Juli 2021. Massa mendesak Polda Sumut melanjutkan penyelidikan dugaan korupsi BOT PDAM Tirtanadi, berdasarkan temuan BPK RI tahun 2018.

Dalam orasinya, GMPET Sumut mendesak Penyidik Tipikor Polda Sumut melanjutkan penyelidikan kasus dugaan korupsi perpanjangan BOT air minum PDAM Tirtanadi dengan PT. Tirta Lyonisse Medan (TLM) yang jadi temuan BPK RI tahun 2018.

Massa mengatakan pada akhir 2018 sampai dengan April 2019, kasus dugaan korupsi tersebut sudah diselidiki penydik tipikor Polda Sumut.

“Tapi entah kenapa, pada April 2019 penyelidikan kasus tidak dilanjutkan lagi oleh Polda. Ini ada apa? waktu itu Dirkrimsus Polda Sumut dijabat Kombes Pol. Rony Samtana, apakah sudah di SP3 kasus PDAM Tirtanadi dan PT. TLM temuan BPK RI ini,” ujar Kordinator Aksi GMPET Sumut Alvin Lubis.

BACA JUGA :  Komunitas Wartawan Medan Aksi Dukung Kepolisian Tangkap Pelaku Pembunuh Marsal

Massa GMPET juga meminta ketegasan dari Irjen Pol. Panca Putra sebagai Kapolda Sumut, atas aksi yang mereka lakukan untuk segera ditindaklanjuti.

nst

“Irjen Panca mantan Dirdik KPK, ada apa? sejak menjadi Kapolda Sumut tidak lagi respon terhadap kasus korupsi. Dulu, Irjen Panca sangat sensitif dengan kasus korupsi yang terjadi. Begitu juga dengan Dirkrimsus Kombes Pol John Nababan, mantan penyidik KPK. Kenapa tidak merespon kasus korupsi yang sudah ada catatan merahnya oleh BPK RI, ada apa kalian bapak-bapak mantan punggawa KPK, kenapa lemah kalian di Polda Sumut,” seru Rasid Daulay selaku pimpinan aksi.

Setelah beberapa lama berorasi, massa akhirnya ditemui Kasiaga SPKT Polda Sumut AKBP Saiful. Ia berjanji aspirasi massa GMPET Sumut akan disampaikannya kepada pimpinan Polda Sumut.

BACA JUGA :  Kapolda Sumut Lantik Sejumlah Pejabat Utama di Polda Sumut

Sebelumnya, massa GMPET Sumut melakukan aksi di depan Kantor PDAM Tirtanadi, Jalan SM. Raja, Medan, dengan membentangkan spanduk desakan kepada Polda Sumut melakukan penyelidikan lanjutan dugaan korupsi perpanjangan BOT PDAM Tirtanadi dengan PT. TLM yang menjadi temuan BPK RI tahun 2018.

Namun aksi massa yang mendapat pengawalan dari kepolisian itu tidak mendapat tanggapan dari pihak humas maupun Direksi PDAM Tirtanadi. (red/has)

 276 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *