Sea Games 2019 : Indonesia kalahkan Thailand

Selebrasi gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Thailand.

Jakarta – Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-0 dalam laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial. Gol Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Indonesia berhasil mencetak gol cepat di menit keempat. Gol Indonesia dicetak oleh pemain Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri.

Bacaan Lainnya

Gol Egy bermula dari sepak pojok yang dilepaskan oleh Evan Dimas ke arah Asnawi Mangkualam. Bola kemudian dikembalikan pada Evan.

Evan lalu melepaskan umpan silang datar ke muka gawang yang menghadirkan kemelut. Egy berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan dari jarak dekat.

Pertandingan di babak pertama terbilang berjalan imbang. Indonesia memiliki sejumlah peluang yang bermula dari tusukan-tusukan Saddil Ramdani dan Egy di sisi lapangan.

Thailand juga beberapa kali mengancam lewat Suphanat Muenta dan Anon Amornlertsak. Tetapi lini belakang Indonesia mampu tampil disiplin sehingga gawang Nadeo Winata tetap bersih hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Indra Sjafri memutuskan untuk menarik keluar Egy Maulana Vikri dan memasukkan Feby Eka Putra. Indra juga kemudian menarik keluar Evan Dimas dan memberi kesempatan bermain untuk Rachmat Irianto.

BACA JUGA :  KONI Sumut dan MSN Malaysia Teken MoU Pengembangan Kemampuan Atlet

Pada 20 menit awal babak kedua, Thailand lebih banyak mendominasi permainan. ‘Pasukan Gajah Perang’ berhasil mengurung pertahanan Indonesia dan menghasilkan sejumlah peluang. Srayut Sompom dan Anon Amornlertsak sempat melepaskan ancaman ke gawang Indonesia.

Di menit ke-67, Osvaldo Haay masuk menggantikan Muhammad Rafli yang terlihat mengalami masalah dan harus ditandu keluar lapangan.

Semenit berselang, tendangan bebas Anon mendarat tepat di kaki Supachi Chaided. Namun Supachi tidak bisa menguasai bola dengan baik sehingga Nadeo berhasil mengamankan bola.

Pada menit ke-71, Sittichok Paco melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola masih melebar di atas gawang.

Tekanan-tekanan dari Thailand memaksa pemain-pemain Indonesia lebih banyak fokus bertahan di babak kedua. Seringkali ada 7-8 pemain yang berdiri di area sekitar kotak penalti untuk meminimalisir ruang gerak pemain-pemain Thailand.

Skuat Garuda kesulitan melakukan serangan karena terkadang hanya Osvaldo Haay yang berada di lini depan.

Dalam situasi sulit tersebut, Indonesia sempat punya peluang emas lewat Saddil Ramdani di menit ke-75. Saddil melakukan penetrasi dari sisi kiri dan diakhiri oleh tendangan keras. Bola hanya melenceng tipis di atas gawang.

BACA JUGA :  Kejar Akreditasi Unggul, FDK UINSU MoA dengan Burapha University – Thailand 

Serangan balik Indonesia mulai terlihat efektif. Di menit ke-83, Feby Eka Putra melepaskan tendangan tepat sasaran yang mampu diblok oleh Nont Muangngam.

Tiga menit berselang, Indonesia akhirnya mampu mencetak gol kedua ke gawang Thailand lewat Osvaldo. Serangan cepat yang disusun oleh Saddil diakhiri umpan matang ke Osvaldo. Osvaldo dengan dingin menceploskan bola ke dalam gawang.

Indonesia berhasil menjaga keunggulan 2-0 hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia

Nadeo Winata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas (Rachmat Irianto 59), Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri (Feby Eka Putra 46), Muhammad Rafli (Osvaldo Haay 67), Saddil Ramdani

Thailand

Nont Muangngam, Srayut Sompom, Shinnaphat Leeaoh, Thitathorn Auksornsri, Saringkan Promsupa; Anon Amornlertsak, Jaroensak Wonggorn, Chatmongkol Tongkiri, Kritsada Kaman; Supachi Chaided, Suphanat Muenta (ptr)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *