TGB Dr Ahmad Sabban: IKA UINSU akan Bangun Bisnis Sektor Riil Kuatkan Lembaga Alumni

IKA UINSU
Presiden IKA UINSU TGB Syekh Dr H Ahmad Sabban ElRahmaniy Rajagukguk MA menyampaikan sejumlah rencana dan program yang akan dijalankan dihadapan pengurus lainnya pada pertemuan halal bi halal dan jamuan makan pengurus IKA UINSU di RM Mustika di Belawan. (foto/msj)

Asaberita.com – Belawan – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (IKA UINSU) akan membangun bisnis di sektor riil untuk menguatkan kelembagaan alumni.

“IKA UINSU akan bangun bisnis di sektor riil untuk menguatkan kelembagaan alumni secara ekonomi. Sejumlah sektor usaha seperti BMT dan UMKM akan kita bangun melalui dana abadi alumni”.

Demikian disampaikan Presiden IKA UINSU TGB Syekh Dr H Ahmad Sabban ElRahmaniy Rajagukguk MA, pada pertemuan halal bi halal dan jamuan makan bersama Pengurus IKA UINSU yang baru terpilih, Senin sore (15/6/2020) di RM Mustika TPI Bagan Deli, Belawan.

Hadir pada pertemuan dan jamuan makan bersama itu Rektor UINSU yang juga sekaligus sebagai pembina IKA UINSU, TGS KH Prof Dr Saidurrahman MA, serta seluruh jajaran pengurus IKA UINSU.

IKA UINSU
Rektor UINSU, TGS KH Prof Dr Saidurrahman MA hadir dan memberi sambutan pada pertemuan pengurus alumni UINSU

Dijelaskan, dana abadi alumni ini nantinya akan dikumpulkan melalui sumbangan ataupun hibah alumni yang banyak telah berhasil. Dana abadi alumni ini nantinya akan dikelola oleh lembaga alumni untuk menguatkan kelembagaan serta memberdayakan alumni-alumni yang masih kurang beruntung.

“Lembaga alumni UINSU ke depan harus bisa banyak berkiprah dan menorehkan sejarah untuk kemajuan UINSU dan ummat,” ujar TGB.

Karenanya, kata TGB, kepengurusan baru IKA UINSU harus solid dan terus berkonsolidasi dengan menggelar pertemuan konsolidasi alumni minimal sebulan sekali.

“Lembaga alumni ini harus solid dan kontributif serta partisipatif terhadap UINSU, untuk pembangunan dan kemajuan UINSU,” ujar TGB.

Ditengah pesatnya pembangunan fisik dan akademik di UINSU, para alumni harus bisa mendukung ini dan menjadi agen serta corong di masyarakat untuk mengangkat nama baik UINSU baik di dalam maupun luar negeri di mana alumni itu berada.

“Alumni harus membangun jejaring yang kuat untuk memajukan dan menguatkan UINSU,” imbuhnya.

Untuk itu, TGB meminta devisi jaringan dan kemitraan untuk mendata seluruh alumni UINSU. Dan nantinya akan dibentuk gubernur-gubernur IKA UINSU baik di dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA :  Pendaftaran Calon Mahasiswa S2 IAT FUSI UINSU Diperpanjang

IKA UINSU

Dengan demikian, jelas TGB, seluruh alumni yang berada di luar negeri juga bisa dikonsolidasikan dan diharapkan mampu memberi sumbangsih pada almamater nya UINSU dan lembaga alumni.

Selain itu, kedepan IKA UINSU juga akan lebih menguatkan kegiatan-kegiatan dakwah dan keummatan dengan menurunkan lebih banyak ustadz/da’i alumni UINSU ke tengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya, Rektor UINSU TGS KH Prof Dr Saidurrahman MAg menyatakan, selama ini kelembagaan alumni UINSU masih kurang terperhatikan.

Namun ke depan, ujar TGS, kelembagaan alumni ini akan diperhatikan secara serius, karena telah lama kiprah alumni dinantikan. Dan secara kelembagaan, Wakil Rektor III memang membidangi kemahasiswaan dan alumni.

Dikatakan Rektor Saidurrahman, UINSU saat ini mengharamkan mahasiswa nya drop out akibat ketiadaan biaya kuliah.

“Sejak beberapa tahun belakangan ini UINSU telah mengumpulkan dana zakat para dosen dan pegawai di lingkungan UINSU. Dan pada tahun ini dana zakat yang terkumpul mencapai Rp 4 miliar lebih. Dana zakat ini sebahagiannya kemudian kita gunakan untuk membantu mahasiswa yang tidak mampu untuk membayar berbagai biaya kuliahnya, sehingga ia terhindar dari drop out,” jelas Saidurrahman.

Saat ini juga, lanjut Rektor, pihaknya telah menginisiasi adanya dana abadi yang bersumber dari sumbangan/donasi maupun hibah para alumni yang telah berhasil.

“Kita targetkan setiap bulan bisa terkumpul dana Rp 1 miliar untuk dana abadi. Dan tahun ini kita targetkan bisa terkumpul dana Rp 10 miliar. Dana ini nantinya akan dikelola lembaga alumni untuk membangun sejumlah sektor usaha untuk menguatkan lembaga alumni dan bisa memberdayakan mahasiswa dan alumni itu sendiri,” papar Saidurrahman.

IKA UINSU

Dalam pertemuan itu, juga dibahas tentang rencana Pelantikan Pengurus serta Rakernas IKA UINSU yang akan digelar di Kabupaten Phakpak Barat setelah meredanya Covid-19.

Diakhir pertemuan sebelum ditutup dengan doa oleh TGB Ahmad Sabban, Sekjen IKA UINSU Dr Mesiono M.Pd membacakan susunan kepengurusan Alumni UINSU Medan Periode 2020-2024.

Adapun susunan kelengurusan sebagai berikut, Pembina: Rektor UINSU TGS KH Prof Dr Saidurrahman MAg, Penasehat: Gubernur Provinsi Sumut, Kakanwil Kemenag Provsu, Ketua MUI Provsu, Prof Dr H Haidar Daulay MA, Prof Dr H Hasyimsyah Nasution MA, Dr H Asren Nasution MA.

BACA JUGA :  Dugaan Plagiarisme di UINSU, Pengurus ISNU Sumut Minta Bentuk Tim Independen

Dewan Pakar: Prof Dr HM Yasir Nasution, H Hasrul Azwar, Prof Dr Muzakkir MA, Dr H Abd Rahim M.Hum, Letkol H Sadikin Bintang SAg MM, AKBP Dr Jarwani Hadi Saputra Tanjung MH, Kolonel Inf. H Drs Syawal Fahmi MM, Para Dosen di lingkungan UINSU.

Sedangkan untuk Pengurus Harian: Presiden TGB Syekh Dr H Ahmad Sabban El-Rahmany Rajagukguk MA, Wakil Presiden Dr Maraimbang Daulay MA, Sekretaris Jenderal  Dr Mesiono M.Pd, Wakil Sekretaris Dr Muktarruddin, MA, Bendahara Dr Hj  Nurlela Harahap MA, Wakil Bendahara Dr Iwan Nasution M.HI.

Sedangkan devisi-devisi di antaranya, Divisi Jaringan dan Kemitraan, Kordinator  Dr Sahdin, M.Ag, angggota Dr Dahlia Lubis, MA, Dr M Syukri Albani Nasution, MA, Dr M. Rivai, M.Pd.

Divisi Ekonomi dan Pengembangan Bisnis, Koordinator Drs. H. Sokon Saragih, MA, anggota Sangkot Azhar Rambe, M.Hum, Dr Solahuddin Harahap, MA, Muhammad Hafizh ME.

Devisi Riset dan Pengembangan Keilmuan. Koordinator Prof Dr Syukur Kholil, MA, anggota Dr Ansari Yamamah, MA.

Kemudian, Divisi Dakwah dan Pengabdian Masyarakat. Koordinator Dr H Muhammad Husni Ritonga, MA, anggota Dr H Wirman Tobing, MA, Dr H Hasrat Efendi Samosir MA, Dr Muhammad Faisal Hamdani, MA.

Devisi Hubungan Internasional, Koordinator Dr. Phil. Zainul Fuad, MA, anggota  Dr Muhammad Dalimunthe, M.Hum, Rustam Pakpahan MA, H. Ali Akbar Simbolon, Lc, MA.

Dan Devisi Humas dan Komunikasi. Koordinator Dr Anang Anas Azhar MA, anggota Abror M. Daud Faza, MA, Hasan Basri S.Ag, Rahmat Daim Harahap, ME, Muhammad Mas’ud Silalahi, S.Sos. (has)

1,416 total views, 2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *