ACT Sumut Distribusikan Paket Pangan Untuk Pemulung TPA Marelan Jelang Ramadhan

ACT Sumut
ACT Sumut membagikan paket pangan bantuan donatur ke para pemulung di TPA Marelan.

Asaberita.com, Medan – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara menyambut bulan suci Ramadhan melakukan soft launching Wakaf Distribution Center (WDC), dengan membagikan paket sembako kepada para pemulung di kawasan TPA Terjun Marelan, pada Minggu (11/4/2021).

Kepala Cabang ACT Sumut, Yessi Oktaviana menyampaikan, Wakaf Distribution Center (WDC) memiliki fungsi lebih dari sekadar gudang pangan. Menurutnya, WDC adalah perwujudan spirit Baitul Maal Wakaf, yang membantu masyarakat prasejahtera untuk terus bisa hidup dan dapat kebutuhan utamanya.

Selain itu, Wakaf Distribution Center adalah ekosistem wakaf, bagian dari amal jariah yang terus berlanjut pahalanya bahkan saat kematian. Wakaf Distribution Center bukan hanya sekedar bangunan, melainkan layanan terintegrasi.

“Wakaf Distribution Center ini adalah layanan terintegrasi, pusat penyediaan pangan, logistik, hingga layanan kesehatan. Ini menjadi bagian dari ekosistem wakaf yang kami hadirkan,” jelas Yessi.

ACT Sumut

Wakaf Distribution Center yang diresmikan di Tanjung Anom Medan Sunggal ini memiliki luas 1.695 meter persegi dan insha Allah mampu menampung beras hingga 100 ton. Selain Beras Wakaf, ada juga Air Minum Wakaf serta bahan pangan lainnya.

BACA JUGA :  Dihempas Ombak di Pesisir Malaka, tak Surutkan ACT Hantarkan Paket Dhuafa ke Jaring Halus

Kehadiran Wakaf Distribution Center di Tanjung Anom ditujukan untuk memperkuat kemandirian pangan masyarakat di Medan dan Sumatera Utara secara luas, ujar Ilham Moehammad selaku Staf Program ACT Sumut.

Tidak ada acara peresmian untuk WDC ini yang kami lakukan, mengingat masih masa pandemi, jadi soft launching ini kami tandai dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan benar-banar diharapkan oleh warga yang membutuhkan, jadi kami hanya lakukan pendistribusian paket pangan, yang Alhamdulillah mendapat support dari mitra kita, jelas Ilham.

Sebanyak 400 paket pangan yang disupport oleh UKM asal Sumatera Utara, Bika Ambon Zulaikha didistribusikan ke warga dan pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Terjun Marelan. 400 paket masing-masing dikemas dalam box Bika Ambon Zulaikha, yang berisikan paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula dan teh celup.

Alhamdulillah, warga TPA Terjun Marelan mengucapkan syukur atas kepedulian donatur dan ACT selama ini yang cukup rutin mendistribusikan paket pangan, mulai dari makan gratis setiap Jum’at, pakaian layak pakai dan hari ini paket sembako dari mitranya, ujar Azhar selaku kordinator di TPA Marelan.

BACA JUGA :  Wakil Ketua PDI Perjuangan Tekankan Mahasiswa Harus Miliki 17 Keterampilan di Abad 21

Apalagi dimasa pandemi ini, warga sangat membutuhkan sekali terutama menjelang Ramadhan tahun ini, jelasnya.

ACT Sumut

Kegiatan pendistribusian kali ini, sempat menjadi perhatian warga yang berada di pinggir jalan saat Armada Gerakan Sedakah Pangan Ramadhan (GSPR) ACT Sumut meluncur dari WDC di Tanjung Anom hingga ke TPA Marelan.

Iring-iringan armada dikawal secara khusus dengan menggunakan Rider Patroli Pengawal dari komunitas Indonesia Escorting Ambulance Medan. “Terimakasih kami ucapkan atas dukungan dari kawan-kawan IEA dan pengawalan Armada GSPR ini,” ucap Ilham.

162 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *