BKAD Batang Kuis Inisiasi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat Desa

Pelatihan peningkatan kapasitas desa
Pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah desa dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa yang diadakan BPKD Batang Kuis untuk pemerintah desa se Kecamatan Batang Kuis, di Berastagi Cottage, Sabtu (17/6).
Pelatihan peningkatan kapasitas desa
Pelatihan peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat pada pemerintahan desa dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Batang Kuis yang diadakan BKAD Batang Kuis untuk pemerintah desa se Kecamatan Batang Kuis, di Berastagi Cottage, Sabtu (17/6).

 

Asaberita.com, Berastagi — Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Batang Kuis menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat pada pemerintahan desa dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dan memperkuat peran tokoh masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat desa itu digelar di Berastagi Cottage, Berastagi, Kabupaten Karo, Sabtu (17/6).

Ketua BKAD Kecamatan Batang Kuis, Muslim Susanto, dalam sambutannya diacara pembukaan pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Batang Kuis dan seluruh kepala desa se-kecamatan Batang Kuis atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada BKAD Batang Kuis dalam menginisiasi kegiatan ini.

Pelatihan ini diikuti kepala desa, unsur-unsur lembaga desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Batang Kuis. Acara berlangsung selama 2 hari, sejak 17-18 Juni 2023.

“Sumber dana untuk pelatihan ini berasal dari Dana Desa yang disediakan oleh masing-masing desa di Batang Kuis. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah desa dalam memprioritaskan peningkatan kapasitas pemerintahan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan lokal”, jelas Muslim.

BACA JUGA :  Pj. Kades Lambou Madina Berikan Hadiah pada Siswa Siswi Berprestasi

Pelatihan mencakup berbagai topik terkait pemerintahan desa, sosialisasi hukum, pengelolaan keuangan desa, dan pemberdayaan masyarakat. BKAD Batang Kuis mengajak seluruh peserta pelatihan untuk bergerak bersama dalam upaya pemberdayaan desa semaksimal mungkin di Batang Kuis.

Dengan meningkatnya kapasitas pemerintahan desa, lembaga-lembaga desa serta peran aktif tokoh masyarakat, diharapkan dapat terwujud pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa di kecamatan Batang Kuis.

Hadir sebagai pembicara dari berbagai unsur terkait di Deli Serdang. Sosialisasi hukum disampaikan oleh Kanit Tipikor Polresta Deli Serdang, AKP J Munthe, Peranan Kader Pemberdayaan Desa disampaikan Nasib Solichin SPd MAP, Pencegahan Stunting dan Pemberdayaan Desa disampaikan oleh Drs Khairul Azman MAP, pembicara dari Dinas PMD Deli Serdang, dan untuk Pengelolaan Keuangan Desa disampaikan oleh Saprin Nawar, Inspektur Pembantu I Inspektorat Kabupaten Deli Serdang.

Dalam sesi tanya jawab, Yuli, Kepala Desa Sena, menyampaikan perhatiannya terhadap situasi di sekitar jalan arteri Kualanamu di Desa Sena. Ia mengungkapkan bahwa daerah tersebut sering menjadi tempat mangkal yang diidentifikasi sebagai lokasi geng motor, yang berpotensi menyebabkan pertikaian dan kerugian bagi pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA :  Kunker Anggota DPRD Sumut, Tondi Nyatakan Siap Bantu dan Diskusi Untuk Kemajuan Palas

Yuli meminta perhatian dan tindakan dari AKP J Munthe serta pihak kepolisian terkait masalah ini. Ia berharap agar situasi di sekitar jalan arteri Kualanamu dapat diperhatikan secara serius dengan upaya peningkatan keamanan dan penegakan hukum. Kepala desa Sena menginginkan langkah-langkah yang dapat mengurangi atau mencegah kegiatan geng motor, sehingga masyarakat dan pengguna jalan dapat merasa lebih aman dan terhindar dari potensi bahaya.

BKAD Batang Kuis mengajak seluruh peserta pelatihan untuk bergerak bersama dalam upaya pemberdayaan desa semaksimal mungkin di Batang Kuis. Dengan meningkatnya kapasitas pemerintahan desa dan peran aktif tokoh masyarakat, diharapkan dapat terwujud pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa di kecamatan Batang Kuis. (red/ron)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *