Desk Jamsos KSPSI : Kemudahan Mengakses JKN Harus Jadi Prioritas Perhatian BPJS Kesehatan

Kemitraan
BPJS Kesehatan dan Desk Jamsos KSPSI jalin kerjasama kemitraan dalam hal penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional.
Kemitraan
BPJS Kesehatan dan Desk Jamsos KSPSI jalin kerjasama kemitraan dalam hal penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional.

Asaberita.com, Jakarta – Pada Rabu, 24 Mei 2023 kemarin, Desk Jamsos KSPSI diundang oleh BPJS Kesehatan dalam rangka mewujudkan kerjasama kemitraan dalam hal penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional.

Bertempat di ruang rapat besar Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Cempaka Putih Jakarta Pusat, rapat pembahasan rencana kerjasama antar kelembagaan itu berlangsung.

Bacaan Lainnya

Dari Desk Jamsos (Djams) KSPSI hadir Poempida Hidayatulloh selaku Ketua Djams, didampingi oleh Achmad Ismail (Sekum) dan Ahmad Jazuli (Anggota) bersama anggota tim lainnya (Noordin dll). Sedangkan dari BPJS Kesehatan, hadir dari Kedeputian bidang hubungan antar lembaga dan regulasi, komunikasi organisasi, perluasan dan kepatuhan kepesertaan, kebijakan dan data kepesertaan serta mutu layanan.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Desk Jamsos KSPSI bersama Direktur Utama BPJS Kesehatan yang diselenggarakan pada awal Mei lalu.

BACA JUGA :  Presiden Jangan Salah Pilih Direksi BPJS Kesehatan, Pansel Dituntut Transparan

BPJS Kesehatan siap berkolaborasi dengan pihak Desk Jamsos KSPSI guna terselenggaranya layanan JKN secara optimal, tegas Widi dari Kedeputian bidang HAL dan regulasi, ketika mengawali rapat pembahasan rencana kerjasama tersebut. Widi juga menyampaikan perihal potensi kerjasama dan capaian dari program JKN yang telah berjalan selama ini.

Sementara itu, dari Desk Jamsos KSPSI, Poempida merespon positif atas keterbukaan kerjasama dimaksud. Mereka menginginkan penyelenggaraan JKN berjalan sesuai dengan amanah regulasi yaitu UU SJSN dan BPJS.

Poempida meyakini bahwa kesempurnaan program, khususnya JKN, senantiasa memerlukan berbagai masukan publik. Dan Desk Jamsos siap berpartisipasi dengan menutup persoalan yang masih ada lewat kajian bersama dalam merespon dan memitigasi risikonya misalnya. Selain itu, isu-isu lainnya yang terkait kebijakan program beserta pengelolaan assetnya juga terus teramati oleh Desk.

“Kemudahan akses, perlu mendapatkan perhatian utama dari BPJS Kesehatan. Bahwa fakta kesulitan menjangkau ‘seutuhnya’ atas beragam manfaat layanan program masih dikeluhkan para peserta khususnya para pekerja/buruh. Disamping itu, kepesertaan pun belum sepenuhnya bisa menyentuh seluruh pekerja informal yang ada”, tegas Achmad Ismail, Sekum Desk Jamsos menambahkan.

BACA JUGA :  Perbaiki Tata Kelola Pupuk, Ombudsman Jaring Pendapat Publik

“KSPSI dibawah kepemimpinan Muh Jumhur Hidayat sangat konsern terhadap kepesertaan semesta dan layanan program JKN bagi pekerja/buruh nasional. KSPSI memiliki ketersebaran pengurus dan anggotanya hingga ke level kabupaten bahkan perkebunan,” sambung Achmad Ismail (Ais) dan Ahmad Jazuli anggota lainnya dari Desk Jamsos. Sehingga, manfaat program JKN bisa dirasakan ke berbagai lapisan pekerja di berbagai daerah.

BPJS Kesehatan dan Desk Jamsos lalu bersepakat untuk bersama-sama me-listing berbagai potensi kerjasama yang bisa dilakukan untuk dibawa ke rapat teknis berikutnya. (asa/ler)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *