Festival Kuliner Sumut Tampilkan Beragam Kudapan Khas Daerah

Festival Kuliner Sumut
Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis mengunjungi stan dan berinteraksi dengan peserta Festival Kuliner Sumut 2022, di Halaman Istana Maimun, Jalan Brigjend Katamso, Medan, Rabu (9/11).

Asaberita.com, Medan – Festival Kuliner Sumut yang diadakan di pelataran Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan, menampilkan beragam kudapan khas berbagai daerah di Sumut.

Festival Kuliner Sumut yang digelar Dinas Pariwisata Sumut ini, diharapkan tak hanya untuk memperkenalkan berbagai kuliner daerah, tetapi juga mendorong masyarakat untuk terus melestarikan, berinovasi dan berkreasi dengan resep yang sudah turun temurun.

Harapan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis, saat membuka secara resmi Festival Kuliner Sumut, Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, Sumut terkenal dengan olahan makanan kudapannya, ada ombus-ombus, kue dangai, lumpur banda, lemang, dan kue lampet. Semuanya enak dan merupakan resep turun temurun dari orangtua sejak zaman dulu yang harus dilestarikan.

“Kudapan ini adalah resep turun temurun, ini akan diminati dan bisa menjadi oleh-oleh khas dareah, jika ada sentuhan kreasi dan inovasi, tetapi tidak meninggalkan ciri khas daerah asal,” kata Nawal Lubis.

nst

Nawal juga berharap, festival kuliner ini menjadi daya tarik kaum milenial untuk ikut dan menggemari makanan olahan daerah. Karena saat ini, banyaknya makanan olahan dari luar negeri menjadi tren di kalangan milenial.

BACA JUGA :  Beri Bantuan Sembako, Budieli Laia Minta Pemerintah Perhatikan Warga Nias Diperantauan

“Kita edukasi anak-anak muda agar mereka mengenal dan tidak lupa resep-resep warisan orangtua dengan inovasi dan kreativitas mengolah panganan lebih menarik dan kekinian,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut Zumri Sulthony mengatakan, penyelenggaraan Festival Kuliner Sumut tahun ini lebih mengedepankan kreasi dan inovasi kudapan, dengan tetap menjaga ciri khas tradisional kabupaten/kota masing-masing.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar bisa menambah wawasan masyarakat tentang berbagai macam kuliner khas yang dilahirkan secara turun-temurun.

Zumri pun berharap dari festival kuliner ini muncul ikon kuliner unggulan, agar wisatawan yang hadir ke Sumut punya banyak pilihan oleh-oleh khas daerah ini.

Festival kuliner yang bertemakan kudapan tersebut diikuti sedikitnya 26 stan yang menyajikan berbagai jenis panganan kudapan khas dari berbagai daerah di Sumut.

Diantaranya, godok-godok isi daging pedas, bola ubi manis dari Kabupaten Toba, tumpur banda khas Melayu Medan, onde-onde isi anyang ayam, getuk giling domino khas Labuhanbatu Utara.

BACA JUGA :  Bupati Madina Ja'far Sukhairi Pimpin Upacara HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru

Ada juga roti bolosodap, lumpur baserak khas Labuhanbatu, simanis laila, bubur pedas khas Kota Binjai, cimpa bengkuang, cimpa jaung labar, cimpa tuang khas Kabupaten Karo, toge Panyabungan, keripik pisang gulo, godok-godok pisang khas Kabupaten Mandailingnatal.

Kemudian Cone Seafood, Casarva Sushi Saus Kerang khas Kabupaten Asahan, serta dadar tape legit, dodol kolangkaling, singkong gulung khas Kabupaten Serdangbedagai. (dk/has)

 65 total views,  1 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.